Analisis dan Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Tanaman Jamur Edible Menggunakan Framework ADDIE

  • Mangapul Siahaan Universitas Internasional Batam
  • Roy Valentino Chandra Universitas Internasional Batam

Abstract

Jamur edible adalah jamur yang memiliki rasa yang enak dan juga kandungan gizi yang tinggi. Informasi mengenai budidaya jamur edible sulit dicari oleh masyarakat umum sehingga masyarakat sulit membudidaya jamur edible. Berdasarkan masalah tersebut, dibuatkan sebuah aplikasi media pembelajaran berbasis android agar masyarakat dapat dengan mudah mencari informasi mengenai budidaya jamur edible. Aplikasi media pembelajaran dikembangan menggunakan metode pengembangan ADDIE dengan melakukan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Aplikasi ini dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java yang dibantu dengan IDE Android Studio. Dan juga menggunakan SQlite sebagai basis data. Hasil pengembangan adalah sebuah aplikasi media pembelajaran jamur edible berbasis android. Aplikasi media pembelajaran jamur edible berbasis android ini terdapat informasi singkat mengenai jamur, karakteristik, cara membudidaya dan juga cara mencegah penyakit yang umumnya menyerang jamur tersebut

References

Alodwan, T., & Almosa, M. (2018). The Effect of a Computer Program Based on Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation (ADDIE) in Improving Ninth Graders’ Listening and Reading Comprehension Skills in English in Jordan. English Language Teaching, 11(4), 43. https://doi.org/10.5539/elt.v11n4p43
Derajad Wijaya, H., & Devianto, Y. (2019). Application of Multimedia in Basic English Vocabulary Learning with the ADDIE Method. International Journal of Computer Techniques (IJCT), 6(1), 57–63. https://doi.org/10.29126/23942231/IJCT-V6I1P12
Elsayu Syafir, S., Yogica, R., Alberida, H., & Ardi, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Jamur untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. RRKJURNAL, 2(1), 15–21.
Harlis, H., Budiarti, R. S., & Natalia, D. (2021). Pengembangan Booklet Budidaya Jamur Edible Sebagai Bahan Ajar Mikologi. BIODIK, 7(01), 33–42. https://doi.org/10.22437/bio.v7i01.12063
Inayah, T., & Prima, E. (2022). Budidaya Jamur Tiram dan Pengolahannya Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Kreatif Desa Beji. Jumat Pertanian: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 96–99.
Kharisma, G. I. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Memahami Teks Prosedur Siswa Kelas VII. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 269–278. https://doi.org/10.32528/bb.v5i2.2795
Novianto, D. (2018). Perancangan Aplikasi Android untuk Media Pembelajaran Budidaya Tanaman secara Hidroponik dengan Metode Demon-Disco Learning. Jurnal Elektronika Dan Komputer (ELKOM), 11(1), 1–8. https://journal.stekom.ac.id/index.php/pixel/article/download/68/64
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 433. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2924
Wulandari, D. R., & Handayani, T. H. W. (2021). Android application innovation as the indonesian basic spices learning media. Journal of Physics: Conference Series, 1833(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1833/1/012062.
Published
2023-03-05
Abstract viewed = 110 times
PDF downloaded = 156 times