Studi Eksplorasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Donasi Selama Streaming Di Indonesia

  • Elbert Sun Universitas Internasional Batam
  • Zulkarnaen Zulkarnaen niversitas Internasional Batam

Abstract

Segala hal dapat dilakukan secara virtual di masa digital sekarang. Terutama masa pandemik, dimana orang-orang menghindari interaksi tatap muka atau aktifitas offline. Orang-orang mulai menjelajahi dunia digital dalam berbagai bidang: pendidikan, sosial, hiburan. Salah satu fitur digital yang mulai diperhatikan orang adalah livestreaming. Fitur online livestream memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan orang lain dan menyiarkan video secara real-time melalui internet. Pemberian donasi merupakan salah satu fitur dalam livestreaming yang sering dilakukan penonton. Hal ini membuka peluang kerja baru bagi masyarakat dimasa pandemi. Studi ini akan menginvestigasi faktor-faktor yang memengaruhi perilaku penonton dalam berdonasi kepada livestreamer. Memahami penyebabnya dapat membantu livestreamer untuk lebih memahami alasan penonton berdonasi kepada mereka dan cara mengubah perilaku penonton dalam livestream mereka kedepannya.

References

Adhawiyah, Y. R. (2019). Peran Pemasaran Media Sosial Dalam Menciptakan Keputusan Pembelian Melalui Kesadaran Merek (Studi pada Instagram Clothing Line Bangjo). 14(2), 267–281.
Anik Lestari Andjarwati, & Rachmawati Siska Dwi. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi pada Pengguna JNE Express di Surabaya Selatan ) ( The Effect of Brand Awareness and Brand Image on Purchasing Decisions ( Study of JNE Express Users in South Surabaya )). VII(1), 25–29.
Elanda, A., Darmansyah, D., & Fauzi, A. (2021). Perancangan Video Animasi Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19 Berbasis Motion Graphic. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 16(3), 32–41.
Nursyecha, N., Sapari, Y., Risnawati, R., Studi, P., Komunikasi, I., & Cirebon, U. M. (2021). Pengaruh Iklan Shopee di Televisi Dalam Pembentukan Brand Awareness Platform Aplikasi Shopee Terhadap Minat Beli Konsumen. 9(1).
Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Firda Ramadayanti. 6(2).
Saputra, R., Bastari, R. P., & Lukito, W. (2021). Perancangan Film Dokumenter Sebagai Media Promosi Wisata Budaya Melayu Di Kota Istana Matahari Timur. … of Art & …, 8(6), 2606–2623.
Sunarya, L., Purbayani, A. D., & Handayani, N. (2021). Media Video Promosi Pada Roofpark Cafe & Restaurant Pucak Bogor Jawa Barat. Technomedia Journal, 5
Tanjaya, S. C., Maneke, L., Tawas, H., Informasi, P. K., Dan, K., Konsumen, K., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kepercayaan dan Kemudahan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vape di Instagram 7(4).
Wibowo, T., & Manelsi, D. P. (2022). Design and Development of Halal Industry Documentary Videos The 2nd Conference on Management , Business , Innovation , Education , and Social Science ( CoMBInES ). CoMBInES-Conference on Management …, 17–28.
Published
2023-03-10
Abstract viewed = 130 times
PDF downloaded = 227 times