Analisis Efektivitas Video Dokumenter Sebagai Meda Promosi Terhadap Generasi Z Di Batam: Studi Kasus Playstation

  • Deli Deli Universitas Internasional Batam
  • Hendro Hendro Universitas Internasional Batam

Abstract

Video dokumenter adalah sebuah video yang menceritakan tentang fakta yang ada pada objek tertentu, video dokumenter tidak hanya berfungsi untuk menjelaskan dan memberikan informasi, tetapi juga dapat digunakan sebagai media promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari sebuah video dokumenter sebagai media advertising terhadap perilaku purchase intention dan dimediasi oleh brand awareness pada generasi Z di kota Batam. Penelitian ini difokuskan kepada konsumen dan calon konsumen produk playstation. Variabel advertising merupakan variabel independent, variabel purchase intention merupakan variabel dependent, dan variabel brand awareness merupakan variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan pada generasi Z dengan menggunakan purposive sampling method dengan jumlah sampling 400 responden. Penelitian ini dilakukan dengan perancangan video dokumenter menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dan dilanjutkan dengan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan platform google form, penelitian dilakukan menggunakan aplikasi SPSS 26. Penelitian ini menggunakan metode Regresi Mediasi Kausal Step untuk menguji pengaruh advertising dan brand awareness terhadap purchase intention pada generasi Z di Kota Batam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara advertising dengan purchase intention, serta variabel brand awareness juga berpengaruh terhadap purchase intention. Penelitian ini membuktikan peran brand awareness sebagai variabel mediasi dalam pengaruh advertising terhadap purchase intention pada generasi Z di Kota Batam. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa advertising dan brand awareness merupakan faktor penting dalam meningkatkan purchase intention pada generasi Z di Kota Batam.

References

Adhawiyah, Y. R. (2019). Peran Pemasaran Media Sosial Dalam Menciptakan Keputusan Pembelian Melalui Kesadaran Merek (Studi pada Instagram Clothing Line Bangjo). 14(2), 267–281.
Anik Lestari Andjarwati, & Rachmawati Siska Dwi. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi pada Pengguna JNE Express di Surabaya Selatan ) ( The Effect of Brand Awareness and Brand Image on Purchasing Decisions ( Study of JNE Express Users in South Surabaya )). VII(1), 25–29.
Elanda, A., Darmansyah, D., & Fauzi, A. (2021). Perancangan Video Animasi Edukasi Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan COVID-19 Berbasis Motion Graphic. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 16(3), 32–41.
Harry, H., Marta, R. F., Bahruddin, M., Bangun, N., & Kurniawati, L. S. M. W. (2022). Pemetaan Ideologi Performatif dan Represif dalam Video Dokumenter di Kanal Youtube: Sebuah Perspektif Multimodalitas Budaya Kota Lasem. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 8(01), 38-51.
Herdioko, J., & Karisma, C. V. (2022). Pengaruh Media Sosial, Brand Infuencer Dan Kesadaran Merek Terhadap Minat Beli Di Marketplace Shopee Pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 16(2), 97-110.
Nursyecha, N., Sapari, Y., Risnawati, R., Studi, P., Komunikasi, I., & Cirebon, U. M. (2021). Pengaruh Iklan Shopee di Televisi Dalam Pembentukan Brand Awareness Platform Aplikasi Shopee Terhadap Minat Beli Konsumen. 9(1).
Pasaribu, O. L. (2019). Pemanfaatan Media Visual dalam Menulis Cerita Pendek pada Semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP UMSU. Pena Literasi, 2(1), 39-46.
Purba, N. A., & Sihombing, V. T. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Visual Tiga Dimensi (3D) Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(2).
Ramadayanti, F. (2019). Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Firda Ramadayanti. 6(2).
Rokhayati, Y. (2021). Pembuatan Video Dokumenter Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1).
Saputra, R., Bastari, R. P., & Lukito, W. (2021). Perancangan Film Dokumenter Sebagai Media Promosi Wisata Budaya Melayu Di Kota Istana Matahari Timur. … of Art & …, 8(6), 2606–2623.
Stefanus, S., & Sutisna, N. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Camera CCTV Protech terhadap Minat Beli Konsumen PT. Profestama Tehnik Cemerlang di Alam Sutera Tangerang. Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 2(1), 902-909.
Sunarya, L., Purbayani, A. D., & Handayani, N. (2021). Media Video Promosi Pada Roofpark Cafe & Restaurant Pucak Bogor Jawa Barat. Technomedia Journal, 5
Tanjaya, S. C., Maneke, L., Tawas, H., Informasi, P. K., Dan, K., Konsumen, K., Manajemen, J., & Ekonomi, F. (2019). Pengaruh Kualitas Informasi, Kepercayaan dan Kemudahan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vape di Instagram 7(4).
Wibowo, T., & Manelsi, D. P. (2022). Design and Development of Halal Industry Documentary Videos The 2nd Conference on Management , Business , Innovation , Education , and Social Science ( CoMBInES ). CoMBInES-Conference on Management …, 17–28.
Wijaya, P. M., & Pribadi, M. A. (2022). Interaksi Simbolik Influencer dengan Konsumen dalam Membangun Brand Recognition (Studi Kasus Pada Brand Doppel). Kiwari, 1(4), 684-692.
Published
2023-03-10
Abstract viewed = 217 times
PDF downloaded = 219 times