Analisis Interface Yang Menjadi Pertimbangan Konsumen Dalam Memilih Shopee Indonesia

  • Adiams Tito universitas stkubank semarang
  • Yohanes Suhari Universitas Stikubank

Abstract

penjual online konsumen akan merasa nyaman untuk membeli barang ataupun sekedar melihaat-lihat barang produk di marketplace. Salah satu toko online atau e-commerce yang sering digunakan oleh masyarakat pada umumnya adalah e-commerce shopee. Dalam penelitian peneliti akan mencari faktor-faktor interface apa saja yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih e-commerce shopee indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode exploratory factor analysis (EFA) peneliti menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui whatsapp ataupun sosial media lainnya guna mencari jawaban dari pengguna shopee dikota Semarang.Hasil penelitian menunjukan bahwa konsumen yang menggukan e-commerce shopee mempertimbangkan tampilan website dan aplikasi yang mudah dipahami, fasilitas detail menampilkan detail produk, serta terdapat fitur COD.

References

A’yuni, S. G., & Chusumastuti, D. (2021). Pengaruh User Interface Aplikasi Shopee terhadap Minat Beli Masyarakat The Effect of User Interface of Shopee Application to People ’ s Buying Interest. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi Dan Komunikasi Manajemen Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 49–58.
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace : Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). 3(1), 211–224.
Chotimah, N. (2019). Jurnal Ilmiah Manajemen EMOR (Ekonomi. Pengaruh Kualitas Website Dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Mobile Shopee, 3(1), 63–72.
Goleman et al., 2019. (2019). Peran Kepercayaan dalam Perilaku Pelanggan Bertransaksi Online. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Kurniawa, R. A., Chendra, M., Kelvin, K., Anderson, K., & Yudianto, W. (2021). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat penggunaan e-commerce: Studi kasus di Shopee Indonesia. Teknologi, 11(2), 84–92. https://doi.org/10.26594/teknologi.v11i2.2408
Latifah, N., Widayani, A., & Normawati, R. A. (2020). Pengaruh Perceived Usefulness Dan Trust Terhadap Kepuasan Konsumen Pada E- Commerce Shopee. BISMA: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 14(1), 82. https://doi.org/10.19184/bisma.v14i1.13550
Nursani, Arifin, R., & Hufron, M. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen E-Commerce Melalui Shopee (Studi Pada Mahasiswa Unisma). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8, 1–14.
Safitri, L. A., & Dewa, C. B. (2020). Analisa Pengaruh Masa New Normal Pada Penjualan Online Melalui E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Dayasaing, 22(2), 117–125. https://doi.org/10.23917/dayasaing.v22i2.12494
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.
Suhari, Y. (2008). Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, XIII(2), 140–146. http://download.portalgaruda.org/article.php?article=7425&val=544&title=Keputusan Membeli Secara Online dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya
Yusuf, M. F., Pramana, E., & Setiawan, E. I. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Repurchase Intention Pada E-Marketplace Dengan Menggunakan Extended Expectation Confirmation Model (ECM). Teknika, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.34148/teknika.v12i1.573.
Published
2023-04-10
Abstract viewed = 101 times
PDF downloaded = 101 times