Sentimen Analisis Terhadap Customer Review Produk Shopee Berbasis Wordcloud Dengan Algoritma Naïve Bayes Classifier

  • Anggi Hanafiah Universitas Islam Riau
  • Arbi Haza Nasution Universitas Islam Riau
  • Yudhi Arta Universitas Islam Riau
  • Rizky Wandri Universitas Islam Riau
  • Hafiza Oktasia Nasution Universitas Riau
  • Jerika Mardafora Universitas Islam Riau

Abstract

Review produk merupakan informasi yang sangat dibutuhkan untuk mendapatkan kepercayaan costumer pada marketplace. Pelaku bisnis harus perlu melakukan analisis dari review yang diberikan oleh customer terhadap evaluasi produk dan layanan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan menggunakan metode sentiment analisis. Sentiment analysis merupakan salah satu bidang dalan Natural Language Processing yang membangun sistem untuk mengenali dan mengestrak opini dalam bentuk teks baik dari berbagai sumber data internet dan beragam platform media sosial. Dengan sentiment analysis dapat diketahui apa saja kekurangan dan keunggulan dalam sebuah bisnis dengan memahami dan mengelompokkan sentimen (positif, negative, netral) yang terdapat dalam tulisan dengan menggunakan analisis teks. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis sentiment dengan menggunakan algoritma naïve bayes dengan menentukan salah satu produk pada marketplace shopee. Kemudian selanjutnya dengan metode wordcloud dapat mengetahui sentimen positif dan negative yang sering diberikan oleh costumer. Berdasarkan hasil implementasi dan pengujian sentiment analysis ini dapat disimpulkan bahwa penerapan analisis sentimen ini sangat efektif dan efisien untuk mengetahui hasil sentimen terhadap produk dan layanan melalui review atau komentar yang diberikan customer dengan jumlah dataset yang besar. Informasi yang didapatkan dapat menjadi bahan evaluasi dalam mengoptimalisasikan produk dan layanan tersebut guna meningkatkan kepercayaan customer terhadap pelaku bisnis

Published
2023-03-28
Abstract viewed = 248 times
PDF downloaded = 258 times