Penerapan Website Accessibility Conformance Evaluation Methodology (WCAG-EM) Untuk Mengukur Accessibility Website BP3M Politeknik Caltex Riau
Abstract
Badan Perencanaan, Pengembangan dan Penjaminan Mutu (BP3M) Politeknik Caltex Riau menggunakan website sebagai media untuk menyampaikan informasi terkait aktivitas perencanaan, pengembangan dan penjaminan mutu di Politeknik Caltex Riau. Mendapatkan informasi dan berkomunikasi melalui media yang mudah diakses merupakan hak setiap orang termasuk penyandang disabilitas. Oleh karena itu Informasi yang disampaikan pada website seharusnya dapat diakses oleh siapa saja. Penelitian ini melakukan evaluasi dan menganalisis aksesibilitas pada website BP3M, yang nantinya dapat dijadikan acuan dalam melakukan perbaikan terhadap website BP3M. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan metode Website Accessibility Conformance Evaluation Methodology (WCAG-EM). Tool yang digunakan pada evaluasi adalah AXE DevTools. Evaluasi dilakukan untuk memeriksa apakah website BP3M memenuhi kriteria aksesibilitas WCAG 2.0. Hasil evaluasi pada website BP3M menunjukkan bahwa seluruh halaman pada website BP3M belum memenuhi kriteria WCAG 2.0. Hal ini menunjukkan bahwa perlu dilakukan perbaikan pada website BP3M dengan memperhatikan WCAG 2.0 guidelines ataupun pedoman web accessibility lainnya.
Kata Kunci: Website, Accessibility, WCAG 2.0, WCAG-EM
References
Akbar, G., & Irianto Tjendrowaseno, T. (2015). Website Profil Sekolah Sebagai Media Informasi Dan Promosi. In IJNS-Indonesian Journal on Networking and Security 4(1). Online.
Benites Alfaro, F. D., & Zapata Del RÃo, C. M. D. P. (2018). Peruvian Public Universities and the Accessibility of Their Websites. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 10920 LNCS, 589–607. https://doi.org/10.1007/978-3-319-91806-8_46
Berners-Lee, T. (n.d.). ACCESSIBILITY. W3C. Retrieved March 4, 2023, from https://www.w3.org/standards/webdesign/accessibility
Campoverde-Molina, M., Lujan-Mora, S., & Garcia, L. V. (2020). Empirical Studies on Web Accessibility of Educational Websites: A Systematic Literature Review. IEEE Access, 8, 91676–91700. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2994288
deque university. (n.d.). List of Axe HTML 4.4 rules. Retrieved March 31, 2023, from https://dequeuniversity.com/rules/axe/4.4
Horton, S., & Quensenbery, W. (2013). A Web for Everyone. Rosenfeld Media, LLC.
Ismail, A., & Kuppusamy, K. S. (2022). Web accessibility investigation and identification of major issues of higher education websites with statistical measures: A case study of college websites. Journal of King Saud University - Computer and Information Sciences, 34(3), 901–911. https://doi.org/10.1016/j.jksuci.2019.03.011
Nuñez, A., Moquillaza, A., & Paz, F. (2019). Web Accessibility Evaluation Methods: A Systematic Review. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 11586 LNCS, 226–237. https://doi.org/10.1007/978-3-030-23535-2_17
Velleman, E., & Abou-Zahra, S. (2014). W3C/WAI Eval TF WAI/W3C website accessibility conformance evaluation methodology (WCAG-EM) 10. Https://Www.W3.Org/TR/WCAG-EM/. https://www.w3.org/TR/WCAG-EM/
Verkijika, S. F., & De Wet, L. (2020). Accessibility of South African university websites. Universal Access in the Information Society, 19(1), 201–210. https://doi.org/10.1007/s10209-018-0632-6
WAI. (n.d.). WCAG 2 Overview. Retrieved March 3, 2023, from https://www.w3.org/WAI/standards-guidelines/wcag/.