Simulasi Penerapan Kebijakan Sistem Transportasi Perkotaan Menggunakan Software Pluto

  • Kartika Puspa Dewi Universitas Indonesia
  • Jachrizal Sumabrata

Abstract

Suatu kota dapat berkembang apabila sistem transportasinya bisa berfungsi secara optimal, karena sistem transportasi merupakan motor penggerak perekonomian di suatu kota. Agar sistem transportasi dapat berfungsi secara optimal, maka permasalahan-permasalahan terkait sistem transportasi harus bisa diatasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan peran para perencana kota untuk bisa merencanakan sistem transportasi dengan baik di suatu kota dan juga peran pemerintah untuk memberikan kebijakan-kebijakan yang mampu mengatasi permasalahan yang ada. Untuk melatih kemahiran para perencana dalam merencanakan suatu sistem transportasi perkotaan maka University of Leeds mengembangkan sebuah software yang bernama PLUTO sebagai tools. Penelitian ini bertujuan untuk mensilmulasikan penerapan kebijakan di Kota Hipotesis Plutopia dengan sasaran mewujudkan keadilan dan kesetaraan sosial di Kota Plutopia melalui pengembangan sistem transportasi yang efisien dan ramah lingkungan. Penelitian ini menggunakan software PLUTO sebagai tools untuk simulasi dengan menerapkan tiga kebijakan utama selama lima tahun, yaitu layanan bus, pengelolaan lalu lintas dan pembatasan, serta pengendalian lalu lintas dan keselamatan. Evaluasi dilakukan terhadap kebijakan yang diterapkan dengan menggunakan indikator seperti biaya penggunaan kendaraan pribadi, biaya penggunaan angkutan umum, tingkat kecelakaan, dan kondisi lingkungan. Hasil analisis dan evaluasi menunjukkan bahwa kebijakan tersebut memiliki potensi untuk meningkatkan mobilitas, mengurangi kemacetan, meningkatkan keamanan jalan, dan memperbaiki kondisi lingkungan di Kota Plutopia. Penelitian ini memberikan wawasan bahwa tidak semua kebijakan dapat diterapkan, untuk menerapkan kebijakan transportasi di suatu kota harus memilih kebijakan yang sesuai dengan kota tersebut.

References

Aows, N. (2012). Switching Model for Private Vehicles to Public Transportation Systemin Case of San'a. Research Journal of Applied Sciences, Engineering and Technology, 2366-2372.
Bonsall, P. (1995). Computer-Aided Training for Transport Planners: Experience With the Pluto Package. Elsevier Science, 41-52.
Buehler, R. & Pucher, J. (2012). Demand for public transportin Germany and the USA: An analysis of ridercharacteristics. Transport Reviews 32(5): 541-567.
Civil Engineering Departement. (2015). Pluto 1.3 Guidance Book. Depok: Universitas Indonesia.
Desga, W., Putri, M. F., & Yulanda, N. (2016, Juni). Modelling of Trip Generation in Nagasari Siguntur, Nagari BArung-Barung Belantai and Nagari Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Jurnal Penelitian Transportasi Multimoda, 14, 77-82. Retrieved from https://ojs.balitbanghub.dephub.go.id
Gonzalo-Orden, H., Rojo, M., Pérez-Acebo, H., & Linares, A. (2016). Traffic calming measures and their effect on the variation of speed. Transportation Research Procedia 18, 349-356.
Haryanto, S. (n.d.). Perumusan Kebijakan Transportasi di Indonesia: Bersifat Reaktif atau Antisipatif. Dinamika Masyarakat, Sistem Transportasi Kota, 1646-1649.
Kim, H. J. (2003). Performance of Bus Lane in Seoul. International Association of Traffic and Safety Sciences Research, 36-45.
Kovvali, V., & Ganji, S. (2019). Strategic Thinking for Urban Bus Transport in India. Transportation Research Procedia 41, 55-60.
OECD. (2018). Summary and Conclusion: The Social Impact of Road Pricing.
Parkhust, P. G. (1995). Park and Ride: Could it Lead to an Increase in Car Traffic? Transport Policy, 15-23.
Soehodho, S. (2016). Public Transportation Development and Traffic Accident in Indonesia. International Association of Traffic and Safety Sciences Research, 76-80.
Verhoef, E. T. (2005). Second-Best Congestion Pricing Schemes in The Monocentric City. Journal of Urban Economics, 367-388.
Wahyuni, S. (2020). Aksesibilitas Transportasi Masyarakat Pinggiran Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Komputer dan Teknologi , 32-36.
Published
2023-05-29
Abstract viewed = 140 times
PDF downloaded = 132 times