Kajian Pembangunan Lift Barang Pintar Kapasitas 50 Kg Dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

  • Hamdani Hamdani Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Adi Sastra Universitas Pembangunan Panca Budi
  • Deny Firmansyah Universitas Pembangunan Panca Budi

Abstract

Gedung I di kampus Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) mulai beroperasi pada tahun 2017 dan terdiri dari empat lantai. Sebagian ruangan di lantai 3 dan 4 digunakan sebagai kantor universitas dan klinik, sedangkan biro dan instansi yang berada di Gedung I adalah yang memiliki volume pergerakan barang dan dokumen yang tinggi. Karyawan di Gedung I kesulitan membawa barang dan dokumen keluar masuk gedung. Oleh karena itu, peneliti mengusulkan untuk membangun smart lift berbasis mikrokontroler yang hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu dengan hak akses menggunakan RF ID atau KTP elektronik dan memiliki keterbatasan daya tampung barang. Kajian juga akan mempertimbangkan penerapan pembangkit listrik tenaga surya sebagai sumber listrik cadangan agar lift tetap dapat beroperasi saat listrik padam. Keluaran dari penelitian ini berupa artikel jurnal dan prototipe smart lift

References

Akhmad, K. (2005). Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dan Penerapannya Untuk Daerah Terpencil Solar Power Plant and the Application for Rural Area Kholid Akhmad. Dinamika Rekayasa, 1(1), 28–33.
Anggraini, M. O., & Suhartomo, A. (2019). Perancangan Sistem Deteksi Dini Lift Barang Berbasis Arduino di PT Dharma Electrindo Manufacturing. Journal of Electrical and Electronics Engineering, 2(1), 32-41.
Dilla, B., Widi, B., & Wilyanti. (2022). Implementasi Solar Charge Controller Untuk Pengisian Baterai Dengan Menggunakan Sumber Energi Hybrid Pada Sepeda Motor Listrik. https://journal.uny.ac.id/index.php/jee
Fernandes, Z. A., & Elfizon, E. (2022). Perancangan Lift Mobil Untuk Parkir di Apartemen Berbasis Arduino Uno. JTEIN: Jurnal Teknik Elektro Indonesia, 3(1), 198-208.
Hidayat, D. (2016). Aplikasi Pintu Cerdas Pada Lift Berbasis Mikrokontroler Atmega 16. In Jurnal Teknovasi (Vol. 03, Issue 1).
Nurjaman, H. B., & Purnama, T. (2022). Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Sebagai Solusi Energi Terbarukan Rumah Tangga. https://journal.uny.ac.id/index.php/jee
Permana, E., & Desrianty, A. (2015). Panel Surya (Solar Charging Bag) Menggunakan Quality Function Deployment (QFD) *. Online Institut Teknologi Nasional, 3(4).
Rahmatillah, G., & Suprianto, B. (2020). Sistem Pengendalian Kecepatan Motor Dc Pada Prototipe Lift Menggunakan Kontroler Pi Berbasis Arduino. Jurnal Teknik Elektro, 9(2).
Septiawan Damanik, W. I. P., Irsan Pasaribu, F., Lubis, S., & Siregar, C. (2021). Pengujian Modul Solar Charger Control (SCC) Pada Teknologi Pembuangan Sampah Pintar. Teknik Elektro, 3(2), 89–93.
Soehartono, A. I., & Suprianto, B. (2020). Sistem Kontrol Mini Lift Barang Menggunakan Fuzzy Logic Controller Sebagai Pengendali Kecepatan Motor DC Berbasis Labview. Jurnal Teknik Elektro, 9(1).
Syaifudin, A. (2014). Analisis Kelayakan Elevator Studi Kasus Hotel Grand Tjokro Dan Mataram City Yogyakarta. In 186 Inersia (Issue 2).
Published
2023-05-29
Abstract viewed = 85 times
PDF downloaded = 73 times