Pemanfaatan Router Modem Wireles Bekas Sebagai Jaringan Dalam Penyedian Backup Storage Smartphone Secara Offline

  • Aziz Setyawan Hidayat Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nanang Nuryadi Universitas Bina Sarana Informatika
  • Felix Wuryo Handono Universitas Bina Sarana Informatika

Abstract

Penggunaan perangkat jaringan router modem wireless saat ini sudah tidak terlalu dibutuhkan, dikarenakan saat ini sudah banyak sekali tempat-tempat umum, atau tempat area istirahat sudah menyediakan koneksi internet yang berupa wifi (Wireless Fidelity) atau yang disebut dengan hotspot yang gartis. Jumlah internet gratis yang disediakan oleh Pemprov DKI tersebar di 4.956 titik. Teknologi mobile saat ini sudah ke arah sebuah perangkat yang disebut dengan smartphone dan bukan lagi Laptop, karena samrtphone lebih praktis dalam pengoperasian, lebih simpel dalam bentuknya dan tidak terlalu dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Akan tetapi persoalannya adalah apakah spesifikasi kebutuhan perangkat smartphone itu sendiri sudah memenuhi kebutuhan pemakainya ? Apalagi saat ini kebutuhan akan adanya sebuah perangkat penyimpanan yang harus memadai. Tidak ada jawaban salah atau benar soal seberapa besar RAM yang dibutuhkan sebuah smartphone, terlepas dari perannya untuk menjaga kelancaran aplikasi

References

Afriansyah, D., & Kurniawan, D. F. (2022). Membangun File Transfer Protocol (FTP) Server dengan Debian pada Smks Budi Utama Pajaresuk Kabupaten Pringsewu. Jurnal Informatika Software dan Network (JISN), 3(2).
Almakhi, R., Budiman, A. S., & Astuti, R. D. Implementasi Protokol Keamanan Dan Segmentasi Jaringan Dalam Project Pembangunan WLAN Untuk PT Pan Pacific Insurance. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 11(1), 67-73.
Chaturvedi, D., Kumar, A., & Raghavan, S. (2019). Wideband HMSIW‐based slotted antenna for wireless fidelity application. IET Microwaves, Antennas & Propagation, 13(2), 258-262.
Iswardhana, M. R., & Widiono, S. (2023). Diplomasi Siber dan Teknologi Mobile pada Multidisiplin. GAES-PACE Book Publisher, 1-8.
Jaafar, G. A., Abdullah, S. M., & Ismail, S. (2019). Review of recent detection methods for HTTP DDoS attack. Journal of Computer Networks and Communications, 2019.
Kesavan, S., Saravana Kumar, E., Kumar, A., & Vengatesan, K. (2021). An investigation on adaptive HTTP media streaming Quality-of-Experience (QoE) and agility using cloud media services. International Journal of Computers and Applications, 43(5), 431-444.
Putra, A. D., & Alghozy, M. T. R. B. (2022). Analisis dan Implementasi Keamanan Jaringan File Transfer Protocol (FTP) Menggunakan Intrusion Prevention System (IPS) pada Mikrotik. Afriansyah, D., & Kurniawan, D. F. (2022). Membangun File Transfer Protocol (FTP) Server dengan Debian pada Smks Budi Utama Pajaresuk Kabupaten Pringsewu. Jurnal Informatika Software dan Network (JISN), 3(2). (4), 762-775.
Pydala, B., Kumar, T. P., & Baseer, K. K. (2023). Smart_Eye: A Navigation and Obstacle Detection for Visually Impaired People through Smart App . Journal of Applied Engineering and Technological Science (JAETS), 4(2), 992–1011. https://doi.org/10.37385/jaets.v4i2.2013
Rahmanto, Y., Ulum, F., & Priyopradono, B. (2020). Aplikasi pembelajaran audit sistem informasi dan tata kelola teknologi informasi berbasis Mobile. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 62-67.
Sulistyo, H. W., & Oktavianto, H. (2020). Perancangan Dan Implementasi File Sharing Menggunakan Samba Server. JASIE: Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika, 2(1), 24-30.
Valiveti, H. B., & Kumar, B. A. (2021). Handoff strategies between wireless fidelity to light fidelity systems for improving video streaming in high‐speed vehicular networks. International Journal of Communication Systems, 34(6), e4285.
Published
2023-06-10
Abstract viewed = 119 times
PDF downloaded = 109 times