Perancangan User Experience Design Untuk Platform Rekam Data Jejak Alumni (Tracer Study) Di Perguruan Tinggi
Abstract
Perancangan User Experience Design untuk Platform Rekam Data Alumni (Tracer Study) di Perguruan Tinggi merupakan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan tampilan desain antarmuka dan mengukur tingkat kegunaan (usability) dari hasil desain sebelum di kembangkan oleh programmer. Tracer Study bertujuan untuk mendapatkan informasi terkait alumni yang telah mendapatkan pekerjaan, belum mendapatkan pekerjaan, dan sebagai langkah awal dalam mengambil keputusan untuk meningkatkan sistem pendidikan di suatu perguruan tinggi. Dalam melakukan kegiatan Tracer Study, beberapa perguruan tinggi di Purwakarta masih dilakukan secara konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk membangun perancangan user experience design platform tracer study dengan metode Design Thinking dimana metode ini terdiri lima tahapan yaitu, empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan penyebaran angkat. Hasil akhir dari penelitian ini adalah tampilan desain antarmuka platform Tracer Study, dan hasil dari perhitungan pengujian tampilan platform Tracer Study yang dilakukan dengan System Usability Scale (SUS).
References
Amelia, Y., Tarigan, B., Wijoyo, S. H., & Purnomo, W. (2021). Evaluasi dan Perancangan Prototype Perbaikan Antarmuka Sistem Informasi Administras Terpadu (SIAT) Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang dengan menggunakan metode WEBUSE dan Human Centered Design (HCD). 5(9), 3866–3873.
Dipo Darmawan, R., Rohman, H., Yogyakarta, A., Kesehatan Bhakti, P., & Indonesia, S. (2022). Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak Peningkatan Performa Pengalaman Pengguna Aplikasi Seluler Ajaib dengan Pendekatan Design Thinking dan Pengujian A/B Studi Kasus UX Terhaap Ajaib-Platform Investasi Daring
Haryuda, D., Asfi, M., & Fahrudin, R. (2021). Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 111–117. https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730
McCarthy, S. (2022). Design Thinking? Thank an Engineer. Dialectic, 3(1). https://doi.org/10.3998/dialectic.14932326.0003.102
Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(1), 45–55. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i1.25131
Schomburg, H. (2003). Handbook for tracer studies. Centre for Research on Higher Education and Work, University of Kassel, Moenchebergstrasse, 17, 34109.
Zulaiha, S., Meldina, T., Saputra, C. D., & Astuti, Y. T. (2021). Tracer Study: Studi Rekam Jejak dan Tingkat Kepuasan Pengguna Terhadap Lulusan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Curup. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1). https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2416