Penerapan Metode OMAX (Objective Matrix) Untuk Monitoring Kinerja Karyawan Pada PT. Muratara Sejahtera

  • Rio Rio Universitas PGRI Silampari
  • Deni Nurdiansyah Universitas Bina Insan

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah kesulitanya dalam memantau atau memonitoring kinerja terhadap karyawan yang ada pada PT. Muratara Sejahtera, karna dari itu dibutuhkan sebuah sistem yang bisa membantu proses monitoring kinerja karyawan dengan menggunakan metode yang bisa membantu memonitoring dengan cepat dan tepat. Metode yang digunakan oleh peneliti dalam membuat aplikasi ini adalah metode OMAX (Objective Matrix), yaitu sistem pengukuran produktivitas parsial yang dikembangkan pada saat meninjau produktivitas setiap bagian dalam suatu perusahaan dengan menggunakan kriteria produktivitas berdasarkan keberadaan (objektif) bagian tersebut. Sistem ini dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL sebagai penyimpanan data.

References

Basumerda, C., Rahmi, U., & Sulistio, J. (2019, December). Warehouse server productivity analysis with objective matrix (OMAX) method in passenger boarding bridge enterprise. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 673, No. 1, p. 012106). IOP Publishing.
Chong, T. A. (2010). The synergies of the learning organization, visual factory management, and on the job training. Performance Improvement.
Effendy, H., Machmoed, B. R., & Rasyid, A. (2021). Pengukuran dan Analisis Produktivitas Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX)(Studi Kasus: di PDAM Kabupaten Gorontalo). Jambura Industrial Review (JIREV), 1(1), 40-47.
HRD. (n.d.). Laporan HRD PT Muratara Sejahtera.
Kusrini. (2007). Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Andi.
Mangkunegara, A. P. (2013). Perilaku dan Budaya Organiasi (Vol. 1). Remaja Rosda Karya.
Marwan, M., Indrawan, S., Ismail, I., & Mayanda, A. (2022). Analisa Produktivitas Divisi Produksi Pada Pt Jaya Tech Palmindo Dengan Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX). Jurnal ARTI (Aplikasi Rancangan Teknik Industri), 17(2), 128-135.
Mercy Corps. (2010). Design, monitoring, and evaluation guidebook.
Nawawi, H. (2010). Evaluasi dan manajemen kinerja di lingkungan perusahaan dan industri. Gadjah Mada Univercity Press.
Ramayanti, G., Sastraguntara, G., & Supriyadi, S. (2020). Analisis Produktivitas dengan Metode Objective Matrix (OMAX) di Lantai Produksi Perusahaan Botol Minuman. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(1), 31-38.
Riggs, J. L. (1987). Production System Planning, Analysis and Control.
Simanjuntak, P. . (2010). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. FEUI.
Umar, H. (20013). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT.Gramedia Pustaka Utama.
Wrihatnolo, R. (2013). Monitoring, evaluasi, dan pengendalian : Konsep dan pembahasan.
Published
2023-08-16
Abstract viewed = 116 times
PDF downloaded = 70 times