Perancangan Aplikasi Penjualan Suku Cadang Mobil Berbasis Android (Studi Kasus : CV. Emhaka Autoparts Jakarta)

  • Helen Leonora Universitas Bunda Mulia
  • Jusia Amanda Ginting Universitas Bunda Mulia

Abstract

Pada CV. Emhaka Autoparts Jakarta, semua proses penjualan masih dilakukan secara manual. Pelanggan yang hendak membeli barang masih diharuskan datang langsung ke CV. Emhaka Autoparts Jakarta untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Proses penjualan ini menyebabkan pengolahan data penjualan menjadi kurang optimal, dengan demikian laporan penjualan yang diperoleh besar kemungkinan terjadinya kesalahan. Tidak adanya media pemasaran secara online juga merupakan tantangan bagi CV. Emhaka Autoparts Jakarta. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode waterfall. Penulis menggunakan metode waterfall karena metode ini melakukan penelitian secara berurutan dan sesuai dengan studi kasus yang digunakan. Hasil studi inipun membuktikan bahwasanya aplikasi yang telah dibuat telah diuji dengan menggunakan metode blackbox testing bahwa sistem yang dibuat sudah sesuai dan berjalan tanpa masalah. Dan melalui pengujian UAT (User Acceptance Testing) dengan melibatkan sejumlah responden, diperoleh hasil akhir sebesar 87,3%.  Kesimpulan dari penelitian ini berdasarkan tanggapan responden menunjukkan bahwa pengguna setuju bahwa aplikasi Suku Cadang Mobil yang telah dibangun sesuai dengan harapan mereka

Published
2023-08-16
Abstract viewed = 95 times
PDF downloaded = 122 times