Penentuan Rute Distribusi Barang Menggunakan Vehicle Routing Problem (Studi Kasus: CV. Surya Inti Distrindo)

  • Siti Nur Afifah Rahmania Universitas Mulawarman
  • Wahyuda Wahyuda Universitas Mulawarman
  • Suwardi Gunawan Universitas Mulawarman

Abstract

CV. Surya Inti Distrindo merupakan perusahaan distributor sembako yang berdiri sejak tahun 2019 yang berlokasi di Ir. Sutami Samarinda. Perusahaan memiliki 6 kendaraan pengangkut yang digunakan dalam proses pendistribusian sembako yang terdiri dari 4 kendaraan jenis L300 dengan maksimal kapasitas berat sebesar 2800 kg per kendaraan dan 2 kendaraan jenis PS125 dengan maksimal kapasitas berat sebesar 8000 kg per kendaraan. Perusahaan ingin mengoptimalkan rute distribusi aktual agar dapat menghemat jarak dan biaya distribusi. Penelitian ini menggunakan metode Vehicle Routing Problem (VRP) yaitu metode yang digunakan untuk membuat rute dengan kendaraan berkapasitas tertentu yang tiap kendaraan berawal dan berakhir di gudang, dengan syarat pelanggan hanya dikunjungi sekali dan total permintaan tidak melebihi kapasitas kendaraan. Dalam penyelesaian VRP digunakan beberapa metode yaitu metode Saving Matrix, Nearest Neighbour, dan Insertion. Berdasarkan hasil penelitian total jarak rute aktual di perusahaan sebesar 226,45 km, dengan menghabiskan biaya distribusi per bulan sebesar Rp1.200.000, dengan menggunakan metode Saving Matrix total jarak dapat dioptimalkan menjadi sebesar 155,50 km. Setelah mendapatkan rute dilakukan pengurutan rute menggunakan metode Nearest Neighbor dan didapatkan hasil total jarak menjadi sebesar 140,60 km, sedangkan dengan melakukan penyisipan rute menggunakan metode Insertion didapatkan hasil total jarak sebesar 139,10 km. Dari ketiga metode tersebut didapatkan total jarak paling optimal yaitu sebesar 139,10 km dengan persentase penghematan jarak dari rute aktual yaitu sebesar 38,26%. hal tersebut dapat menghemat biaya pendistribusian yang awalnya Rp8.593.777 menjadi Rp5.278.845 per bulan artinya terdapat penghematan biaya sebesar Rp3.314.932 per bulan.

References

Arif, Muhammad. (2018). Supply Chain Management. Yogyakarta : Penerbit Deepublish (CV Budi Utama).
Arofah, Irvana., dan Gesthantiara. (2021). Optimasi Biaya Distribusi Barang dengan Menggunakan Model Transportasi. Jurnal Matematika dan Terapan (JMT), 3(1).
Hamirhan, Saodang. (2010). Geometrik Jalan raya. Bandung : Nova.
Hutasoit, C. S., Susanty, S., dan Imran, A. (2014). Penentuan Rute Distribusi Es Balok Menggunakan Algoritma Nearest Neighbour dan Local Search. Jurnal Onlne Institute Teknologi Nasional, 2(2), 268-276.
Leymena, L., Cahyo Suro B.W., Yuniaristanto, Sutopo, W. (2019). Analisis Penentuan Rute Distribusi Menggunakan Metode Nearest Neighbour di PT. Kalog. Prosiding Seminar dan Konferensi Nasional IDEC (Industrial Engineering Conference), 2(3).
Madona, E., Irmansyah, M., Pengajar, S., Teknik, J., Pliteknik, E., dan Padang, N. (2013). Aplikasi Metode Nearest Neighbour Pada Penetuan. Jurnal Elektron, 5(2), 45-53.
Nasution. (1996). Manajemen Transportasi. Jakarta : PT. Ghalia Indonesia.
Pujawan, I Nyoman, dan Mahendrawathi. (2017). Supply Chain Management – Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Rohandi, S. M., Imran, A., dan Prassetiyo, H. (2014). Penentuan Rute Distribusi Produk Obat Menggunakan Metode Sequential Insertion dan Clarke & Wright Savings (Studi Kasus di PT X Bandung). Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, 2(2), 34-45.
Sulaiman, Setiaan, H., Jalil, M., Purwadi, F., Cristopel, A. S., Brata, A.W., Jufda, A.S. (2020). Analisis Penyebab Banjir Di Kota Samarinda. Jurnal Geografi, 20(1).
Suntoro. (2020). Fundamental Manajemen Logistik: Fungsi Logistik dalam Implementasi dan Operasi. Jakarta : Kencana A.
Suryani, D.K.R. Kuncoro, dan L.D Fathimahhayati. (2018). Perbandingan Penerapan Metode Nearest Neighbour dan Insertion Untuk Penentuan Rute Distribusi Optimal Produk Roti Pada UKM Hasan Bakery Samarinda. Jurnal Online Universitas Riau Kepulauan, 6(1).
Wijaya, J.Y.S. (2017). Analisis Model Efektivitas dan Efisiensi Manajemen Distributor. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. 2(2).
Published
2023-07-25
Abstract viewed = 140 times
PDF downloaded = 105 times