Sistem Informasi Akuntansi Bum Desa Berbasis Web (Studi Kasus: BUM Desa Sejahtera Nambuhan)

  • Irfan Mahdi Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang
  • Aji Supriyanto Universitas Stikubank (UNISBANK) Semarang

Abstract

Pengelolaan keuangan pada Badan Usaha Milik Desa (BUM DESA) menjadi salah satu masalah yang perlu segera diselesaikan. Pengelolaan keuangan yang masih bersifat manual memiliki banyak kekurangan yang membuat pekerjaan menjadi tidak efektif. Perlu adanya transformasi digital dengan memanfaatkan peran teknologi informasi seperti pembuatan sistem akuntansi yang terkomputerisasi. Penelitian ini membahas terkait masalah pencatatan keuangan yang terjadi pada Badan Usaha Milik Desa (BUM DESA) Sejahtera Nambuhan. Penelitian ini bertujuan sebagai pengembangan sistem pencatatan keuangan manual menjadi sistem akuntansi terotomasi berbasis website. Proses pengembangan perangkat lunak menggunakan metode waterfall dengan pendeketakan secara terstruktur dan sistematis yang dilanjutkan dengan pengkodean menggunakan bahasa PHP. Hasil dari sistem akuntansi berbasis website yang sudah dibuat selanjutnya dilakukan pengujian menggunakan blackbox untuk mengetahui fungsi-fungsi pada sistem yang dibuat telah berjalan sesuai harapan. Setelah dilakukan pengujian maka dapat simpulkan bahwa sistem akuntansi yang dibuat telah sesuai harapan dengan adanya laporan jurnal umum, buku besar, arus kas,  laba rugi, perubahan modal, dan neraca. Laporan-laporan yang dihasilkan diharapkan dapat berguna sebagai bahan evaluasi dan pemantauan pada pimpinan dan stakeholder Badan Usaha Milik Desa (BUM DESA).

Kata Kunci: Badan Usaha Milik Desa, Sistem Akuntansi, Pemantauan

References

Arum, A. P., & Nugroho, M. A. (2017). Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Berbasis Web Pada Batik Pramanca. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14331
Jaya, T. S. (2018). Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung). Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 03(02).
Nugrahaningsih, P., Falikhatun, F., & Winarna, J. (2016). Optimalisasi dana desa dengan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUM Des) menuju desa mandiri. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 16(1), 37–45.
Pressman, R. (2012). Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) (Edisi 7). Penerbit Andi.
Ramadana, C. B., Heru, R., & Suwondo. (2013). Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sebagai Penguatan Ekonomi Desa (Studi di Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(6).
Ridlwan, Z. (2014). Urgensi BUMDes dalam Pembangunan Perekonomian Desa. Fiat Justicia Jurnal Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Lampung, 8(3), 424–440.
Wibowo, M. I. S., & Hapsari, A. N. S. (2022). Pengelolaan Keuangan BUMDes: Upaya Mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Desa. Jurnal Riset Akuntansi & Perpajakan (JRAP), 9(01), 52–71. https://doi.org/10.35838/jrap.2022.009.01.05
Published
2023-11-20
Abstract viewed = 6 times
PDF downloaded = 9 times