Strategi Pemulihan Usaha Pasca Pandemi di Era Transformasi Digital Dalam Meraih Keunggulan Kompetitif UMKM di Kota Pekanbaru
Abstract
Pemulihan usaha menjadi prioritas utama bagi pelaku usaha UMKM pasca mengalami badai pandemi dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia di era transformasi digital terutama menggunakan teknologi informasi (TI) yang tepat. Dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif dan studi literatur, diuraikan beberapa alternatif strategi dalam mencapai keunggulan kompetitif. Tujuan kajian ini untuk menganalisis dan mengekplorasi beberapa strategi pelaku usaha UMKM pasca pandemi di Pekanbaru dengan inisiatif strategi generik dan kontemporer seiring pertumbuhan pengguna internet di era transformasi digital dengan menekankan berbagai aspek penting selain fokus meningkatkan kualitas produk dan atau jasa, juga memperluas cakupan operasi usaha serta menerapkan solusi TI yang tepat secara efektif dan efisien. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa strategi pemulihan usaha pasca pandemi di era transformasi digital yang kreatif dan inovatif menggunakan solusi TI yang tepat serta memanfaatkan big data dalam bingkai IoT (internet of things) mampu menciptakan peluang besar bagi pelaku usaha UMKM di Pekanbaru dalam mencapai keunggulan kompetitif.
References
Adam, A., Umar, Z. A., & Niode, I. Y. (2022). Analisis Strategi Bersaing Dan Strategi Bertahan Pada UMKM Di Kota Gorontalo Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus UMKM Zoellen Sagela). JAMBURA: Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, 5(2), 557-567.
Arifiani, L., & Furinto, A. (2022). TRANSFORMASI MODEL BISNIS Konsep, Strategi, dan Antisipasi Menyongsong Era Metaverse. SCOPINDO MEDIA PUSTAKA.
Astiti, S. O. (2022). ANALISIS KEUNGGULAN KOMPETITIF UMKM DIMASA PANDEMI COVID 19. Management and Sustainable Development Journal, 4(1), 70-84.
Bayu Pradika, D., & Saputro, E. P. (2022). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Serta Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online Di Tokopedia (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Caldeira, M. M., & Ward, J. M. (2018). Using resource-based theory to interpret the successful adoption and use of information systems and technology in manufacturing small and medium-sized enterprises. European Journal of information systems, 12(2), 127-141.
Dalevska, N., Kravchenko, S., & Kwilinski, A. (2019). Formation of the entrepreneurship model of e-business in the context of the introduction of information and communication technologies.
Dasuki, R. (2018). Kinerja usaha koperasi melalui pendekatan tingkat kesehatan kaitannya dengan penciptaan value of firm. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 41-56.
Fahriyah, A., & Yoseph, R. (2020, July). Keunggulan kompetitif spesial sebagai strategi keberlanjutan UKM di Era New Normal. In Prosiding Seminar Stiami (Vol. 7, No. 2, pp. 104-110).
Fitra, M. A., & Mashur, D. PENGEMBANGAN STRATEGI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA PEKANBARU. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7(2), 1-9.
Heru, B. (2022). PENGARUH STRATEGI SEGMENTATION, TARGETING, POSITIONING (STP) DAN INTERAKTIF MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN BISNIS ISLAM (Studi Pada Home Industri Keripik Bombay MS Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
ILYASAK, I. (2019). ANALISA PENGARUH PEMBIAYAAN MUSYARAKAH TERHADAP PENDAPATAN UMKM (Studi kasus pada BMT Kota Gede Yogyakarta) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS ALMA ATA YOGYAKARTA).
Laudon, K. C., & Laudon, J. P. (2004). Management information systems: Managing the digital firm. Pearson Educación.
Pratiwi, N. A., & Rosdiana, Y. (2022). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Keunggulan Kompetitif di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Akuntansi, 47-53
Putra, R. P., Rachmawati, I., & Cholifah, Y. W. (2021). Digital information media of the salman itb halal center in improving marketing performance of halal lecture program. Mediator: Jurnal Komunikasi, 14(1), 42-53.
Rangkuti, F. (2008). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, cetakan kelima Belas tujuh. Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Richter, B., & Hanf, J. H. (2021). Sustainability as “Value of Cooperativesâ€â€”Can (Wine) Cooperatives Use Sustainability as a Driver for a Brand Concept?. Sustainability, 13(22), 12344.
Salmiah, N., & Siregar, I. F. (2018). Analisis penerapan akuntansi dan kesesuaiannya dengan standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik (pada UMKM di kecamatan sukajadi binaan DisKop & UMKM kota pekanbaru). Jurnal Akuntansi (Media Riset Akuntansi & Keuangan), 3(2), 212-226.
Sipayung, F. (2009). Balanced scorecard: pengukuran kinerja perusahaan dan sistem manajemen strategis. Jurnal Manajemen Bisnis, 2(1), 7-14.
Sulistyorini, S., Rizkiana, C., & Kusumawati, C. A. (2022). STRATEGI BERSAING DALAM MELEWATI PADEMI COVID-19 (STUDI KASUS UMKM JAJANAN ENDOLITA KABUPATEN DEMAK). Solusi, 20(1), 8-19.
SvatoÅ¡ová, V. (2019). Importance of Strategic Management of SMEs in E-commerce. Ekonomický Äasopis, 67(10), 1090-1100.
Sule, E. T., & Saeful, K. (2019). Pengantar manajemen. Prenada Media.
Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. jurnal ilmiah cano ekonomos, 6(1), 51-58.
Salim, P., & Salim, Y. (2002). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer Jakarta.
Tresna, P. W., Rivani, R., & Nirmalasari, H. (2022). Strategi Keunggulan Bersaing Bagi UMKM Pasca Pandemi COVID-19. Aliansi: Jurnal Politik, Keamanan Dan Hubungan Internasional, 395-399.