Analisa Pengendalian Persediaan Dengan Penerapan Metode EOQ Dan POQ (Studi Kasus Di Koperasi Duta Swalayan Ponpes Ngalah)

  • Rudi Kurniawan Institut Teknologi Adhitama Surabaya
  • Indung Sudarso Institut Teknologi Adhitama Surabaya

Abstract

Persediaan merupakan barang yang rencananya akan dimiliki oleh perusahaan, yang diperoleh dari pembelian atau produksi itu sendiri yang bertujuan untuk dipasarkan kepada konsumen. Perusahaan harus mampu mengatasi tantangan dalam permasalahan pengendalian barang agar mencapai target yang diinginkan yaitu dengan meminimalkan biaya yang dikeluarkan dan memaksimalkan keuntungan yang diperoleh perusahaan. Ketidakpastian permintaan barang selama satu bulan merupakan permasalahan yang sering kita hadapi, sehingga Duta Swalayan memerlukan inventarisasi dan penjadwalan yang cermat. Tujuan peneliti menggunakan metode EOQ karena metode ini juga dapat mengetahui permasalahan kondisional yang sering terjadi pada perusahaan yaitu menentukan jumlah persediaan yang sesuai dengan kebutuhan dan dapat meminimalisir kerugian. Kedua, peneliti juga menggunakan metode POQ sebagai pembanding, karena metode POQ mengendalikan persediaan dengan mencari frekuensi pemesanan yang berpola ekonomis sehingga dapat menghemat total biaya persediaan. Kedua metode tersebut akan dibandingkan dan hasil yang paling optimal akan dibandingkan kembali dengan metode yang saat ini berjalan di koperasi duta swalayan

References

Alim, M. H., & Suseno, S. (2022). Analisa Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Continuous Review System dan Periodic Review System di PT XYZ. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1(III), 163–172.
Bisri, M. H., & Andesta, D. (n.d.). Analisa Efektifitas Biaya Bahan Baku Semen Dengan Metode POQ, EOQ dan MIN MAX. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 9(2), 536–543.
Bowo, A. A., Wahyuda, W., & Sitania, F. D. (2023). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Utama Produksi Roti Menggunakan Metode Economic Order Quantity (Studi Kasus: Sari Madu Bakery Samarinda). Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 9(1), 1–13.
Deri, R. R., Maulani, W., & Gunawan, P. (2023). Perencanaan Persediaan Bahan Baku Untuk Menghindari Resiko Keterlambatan Produksi Produk Karet Compound Menggunakan Metode Material Requirement Planning (MRP). Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 9(1), 269–280.
Fithri, P., & Adinny, R. (n.d.). Minimasi Biaya Persediaan Batubara dengan Pendekatan Economic Order Quantity (EOQ). Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 6(2), 79–85.
Hasil, J., Dan, P., Ilmiah, K., Nurainun, T., Irvan, A., Anggraini, W., Industri, J. T., Sains, F., Teknologi, D., & Riau, K. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Bahan Pokok (Studi Kasus Swalayan Buyung Family Pekanbaru). Ejournal.Uin-Suska.Ac.Id, 4(2). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/jti/article/view/6761
Indriyani, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas, 10(2), 333–348. https://doi.org/10.15408/akt.v10i2.4649
Ismaya, Y. B., & Suseno, S. (2022). Analisis Pengendalian Bahan Baku Ubi Jalar Jalar Menggunakan Metode Economic Order Quantity (EOQ) Dan H-Sin Rau PT. Galih Estetika Indonesia. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1(II), 123–130.
Lahu, E. P., Enggar, O. :, Lahu, P., & Sumarauw, J. S. B. (2017). Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Guna Meminimalkan Biaya Persediaan Pada Dunkin Donuts Manado Analysis of Raw Material Inventory Control To Minimize Inventory Cost on Dunkin Donuts Manado. Analisis Pengendalian… 4175 Jurnal EMBA, 5(3), 4175–4184.
Lubis, F. S., Farahitari, B. G., & Yola, M. (2022). Efesiensi Biaya Persediaan Bahan Baku Pembuatan Paving Block Menggunakan Metode Heuristic Silver Meal. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1(II), 104–113.
Mahendra, R. I., Sitania, F. D., & Wahyuda, W. (n.d.). Analisis Pengendalian Persediaan Dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 9(2), 395–402.
Maydah, M. Indra Darmawan, A. G. I. (2020). Studi Komparasi Metode Economic Order Quantity dan Periodic Order Quantity dalam Efisiensi Biaya Persediaan Tepung Terigu. 7(2), 121–131.
Nanda, F. S. (2015). Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan. 02, 1–11.
Nofirza, S. T. (2017). Optimalisasi Biaya Perencanaan dan Pengendalian Persediaan Menggunakan Metode Silver-Meal (Studi Kasus CV. Dhika Putra). Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 3(1), 17–25.
Nurainun, T. (2020). Perancangan Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Bahan Pokok (Studi Kasus Swalayan Buyung Family Pekanbaru). Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 4(2), 139–145.
Nursyanti, Y. (2023). Optimasi Persediaan Dengan Pendekatan Deterministik Dinamis Pada Industri Manufaktur. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 2(I), 8–18.
Nursyanti, Y., & Nina, A. (2022). Perencanaan Pengendalian Persediaan Bahan Baku pada Perusahaan Manufaktur dengan Pendekatan Probabilistik. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1(4), 333–348.
Octaviani, J. D., & Fitriani, R. (2022). Analisis Pengendalian Persedian Bahan Baku Menggunakan Metode Min-Max Stock Pada PT. XYZ. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 8(2), 231–235.
Piranti, M. N., & Sofiana, A. (2021). Kombinasi Penentuan Safety Stock Dan Reorder Point Berdasarkan Analisis ABC sebagai Alat Pengendalian Persediaan Cutting Tools (Studi Kasus: PT. XYZ). Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 7(1), 69–78.
Putri, A. R., Yulianti, F., & Masruri, A. A. (2023). Optimalisasi Pengendalian Persediaan Material Pengeboran Dengan Menggunakan Metode Material Requirement Planning. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 9(1), 197–203.
Putri, P. S., Sitania, F. D., & Wahyuda, W. (n.d.). Penggunaan Metode Economic Order Quantity Dalam Analisis Pengendalian Persediaan Oli Guna Optimalisasi Kuantitas Pemesanan dan Minimasi Total Biaya Persediaan. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 9(1), 291–301.
Sarwono, E., Shofa, M. J., & Kusumawati, A. (2022). Analisis Perencanaan & Pengendalian Persediaan Bahan Baku Roti Pada UKM Produksi Roti. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1(4), 349–360.
Wahyudi, R. (2015). Analisis Pengendalian Persediaan Barang Berdasarkan Metode EOQ Di Toko Era Baru Samarinda. Ejournal Ilmu Admistrasi Bisnis, 2(1), 162–173.
Wicaksono, A., & Yuamita, F. (2022). Pengendalian Kualitas Produksi Sarden Mengunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) Untuk Meminimumkan Cacat Kaleng Di PT. Maya Food Industries. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), 1, 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.55826/tmit.v1iI.6
Published
2023-09-18
Abstract viewed = 81 times
PDF downloaded = 55 times