Analisis Risiko Proses Bongkar Muat Curah Kering Dengan Menggunakan Metode FMEA (Failure Mode And Effect Analysis) Di PT.XYZ

  • Aqil Firdaus Aufa Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Said Salim Dahda Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Pelabuhan merupakan suatu lokasi yang memiliki peran penting dan krusial dalam perkembangan industri dan perdagangan di suatu wilayah, serta merupakan salah satu kegiatan perdagangan yang berpotensi memberikan kontribusi bagi pertumbuhan dan perkembangan suatu negara. Hal ini berdampak pada pengelolaan sektor usaha kepelabuhanan yang harus dibenahi sebelum kegiatan operasional dapat dilakukan secara efektif, efisien, dan profesional. Hanya dengan begitu layanan pelabuhan dapat disediakan dengan cara yang bebas gangguan, aman, dan cepat dengan harga yang wajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengestimasi nilai RPN (Risk Priority Number) untuk risiko kegagalan proses bongkar muat; dan (2) memberikan ide untuk meminimalkan yang terjadi selama proses bongkar muat. Kedua tujuan ini akan dicapai melalui pengumpulan data dan penggunaan analisis statistik. Pendekatan FMEA (Failure Mode and Effect Analysis) akan digunakan untuk tujuan penelitian ini. Hal ini dimaksudkan agar tingkat resiko yang tinggi dapat diketahui, dan penanggulangan dapat dilaksanakan, sehingga tidak mengganggu proses bongkar muat. Berdasarkan nilai RPN (Risk Priority Number), terdapat 3 (tiga) jenis risiko yang paling tinggi, yaitu salah satunya sirkulasi truk tidak lancar dengan nilai 192; lainnya adalah pengaruh cuaca, yang memiliki nilai 105; dan yang ketiga adalah adanya kendala saat penimbangan yaitu nilai 84. Dan setelah itu dilakukan prosedur settlement untuk resiko terbesar yaitu alokasi stockpile atau gudang yang dekat dengan pelabuhan perusahaan jika barang terlalu jauh atau terblokir di perusahaan.

Kata Kunci: Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), Risk Priority Number (RPN), Stock Pile

References

Akmal, M., & Kurnia, G. (2023). Analisis Risiko Operasional Gudang Menggunakan Failure Mode and Effect Analysis (Studi Kasus: Gudang Konsolidasi Ekspor PT XYZ). Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 8(2), 28-38.
Badarusman, C. B., & Eryana, G. (2016). Hambatan Bongkar Muatscrap Waktu Sandar Kapal Di Dermaga Terminal Multipurpose Tanjung Priok. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik, 2(2), 327-333.
Basuki, M. (2022). Analisa Risiko Pembangunan Barge Mounted Power Plant (BMPP) 60 MW di PT. PAL Indonesia (Persero) Menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Matrik Risiko. Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN), 1(1), 476-492.
Darmawan, I., & Basuki, M. (2022, March). Analisis Risiko Keselamatam dan Kesehatan Kerja (K3) pada Aktivitas Bongkar Muat di Dermaga Pelayaran Rakyat Gresik. In Prosiding SENASTITAN: Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan (Vol. 2, pp. 70-77).
Endraswara, D., Basuki, M., Kusuma, A. I., & ITATS, J. T. P. (2017, October). Penilaian risiko proses bongkar curah kering menggunakan metode fmea (failure mode and effect Analysis) di PT. XYZ. In pada Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan V, Institut Teknologi Adhitama, Surabaya.
Hanif, Y. R., & Basuki, M. (2022). Penilaian Risiko K3 pada Proses Pembangunan Kapal Bantu Rumah Sakit (BRS) menggunakan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) dan Matrik Risiko. Jurnal Sumberdaya Bumi Berkelanjutan (SEMITAN), 1(1), 280-288.
Ismiyati, I., Sanggawuri, R., & Handajani, M. (2020). Penerapan Manajemen Resiko pada Pembangunan Proyek Perpanjangan Dermaga log (Studi Kasus: Pelabuhan DalamTanjung Emas Semarang). Media Komunikasi Teknik Sipil, 25(2), 209-220.
Khrisdamara, B., & Andesta, D. (2022). Analisis Penyebab Kerusakan Head Truck-B44 Menggunakan Metode FMEA dan FTA (Studi Kasus: PT. Bima, Site Pelabuhan Berlian). Jurnal Serambi Engineering, 7(3).
Liu, H. T., & Tsai, Y. L. (2012). A fuzzy risk assessment approach for occupational hazards in the construction industry. Safety science, 50(4), 1067-1078.
Permana, H. J., Padilah, H., & Badarodin, B. (2019, October). Kegiatan Bongkar Muat Petikemas Pada Kapal Domestik Di Terminal Mirah Oleh Pt. Pelindo III Surabaya (PERSERO). In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 1, No. 1, pp. 172-178).
Rislamy, A. F., Mahbubah, N. A., & Widyaningrum, D. (2020). Analisis Risiko Kerusakan Pada Alat Berat Grab Dengan Metode Failure Mode And Effect Analysis (Study Kasus: Pt Siam Maspion Terminal Gresik). PROFISIENSI: Jurnal Program Studi Teknik Industri, 8(1), 36-43.
Silitonga, T., Arifin, M. D., & Faturachman, D. (2022). Analisa Prioritas Pemeliharaan Komponen General Service System Berdasarkan Efek & Tipe Kegagalan Menggunakan Metode FMEA. Jurnal Sains & Teknologi Fakultas Teknik Universitas Darma Persada, 12(1), 128-137.
Sejati, D. D. (2023). Analisis Mitigasi Risiko Pada Distribusi Pupuk Bersubsidi PT Pusri Dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis (FMEA) di Kabupaten Klaten. Agrista, 11(1).
Wulandari, L. M. C., & Nainggolan, B. A. (2021, October). Analisis Risiko Operasional Menggunakan Metode Fmea Di Cv. Gamarends Marine Supply Surabaya. In Prosiding Seminar Nasional Riset dan Teknologi Terapan (Ritektra) (pp. A15-A15).
Published
2023-07-26
Abstract viewed = 159 times
PDF downloaded = 169 times