Implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada Toko Herbal (Studi Kasus : Stokis Herbal HNI Cabang Semarang)

  • Yohanes Suhari Universitas Stikubank Semarang
  • Agus Prasetyo Utomo Universitas Stikubank Semarang
  • Isworo Nugroho Universitas Stikubank Semarang
  • Reyhan Altair Pradana Universitas Stikubank Semarang

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) merupakan pendekatan strategis yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan dalam suatu bisnis. Penerapan CRM pada toko obat menjadi penting karena persaingan yang semakin ketat di pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan  implementasi sistem CRM pada toko obat guna meningkatkan kualitas layanan, mengoptimalkan interaksi dengan pelanggan, dan meningkatkan efisiensi operasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus pada toko obat Stokis Herbal Cabang Semarang. Metode pengumpulan data meliputi observasi langsung, wawancara dengan manajemen, karyawan, dan pelanggan. Pengembangan sistem CRM dengan pendekatan terstruktur melalui tahapan yang merujuk pada model waterfall. Hasil sistem CRM yang dibangun berupa transaksi penjualan dan fasilitas layanan pelanggan. Fasilitas transaksi dan layanan yang lebih baik diharapkan meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Kata Kunci: Implementasi, CRM, Toko Herbal

References

Azhari, D. I., & Suhari, Y. (2023). Analisis Faktor Fasilitas Customer Relation Management Terhadap Pertimbangan Konsumen Pada Shopeefood. Kesatria, 4(1), 116-122.
Carissa, A. O., Fauzi, A., & Kumadji, S. (2014). Penerapan Customer Relationship Management (Crm) Sebagai Upaya Peningkatan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus pada Bandung Sport Distro Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 11(1), 1-11.
Dyantina, O., Afrina, M., & Ibrahim, A. (2012). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemasaran di Toko YEN-YEN). Jurnal Sistem Informasi (JSI), 4(2), 516-529.
Ngelyaratan, D., & Soediantono, D. (2022). Customer Relationship Management (CRM) and Recommendation for Implementation in the Defense Industry: A Literature Review. JIEMAR, 3(3), 17-34.
Nurjannah, E., Magdalena, L., & Hatta, M. (2020). Sistem Informasi Customer Relationship Management (Crm) Berbasis Komputer Pada Al Bait Tour And Travel. JURNAL DIGIT, 10(2), 172-184.
Pratama, F. C. (2019). Customer Relationship Management Sebagai Strategi Mencapai Keunggulan Bersaing Berkelanjutan Penggilingan Padi. EKOBIS, 24(2), 80-87.
Suhari, Y., Hadiono, K., & Jananto, A. (2021). Customer Relation Management Features On Mobile Web And The Implementation For Universities In Central Java, Indonesia. IJCTT, 69(1), 1-5.
Wahyuningtyas, D. A., & Suhari, Y. (2022). Rancang Bangun Website Pada Toko Sepatu Wiasshop Berbasis Customer Relationship Management. Elkom, 15(1), 73-81.
Published
2023-11-22
Abstract viewed = 18 times
PDF downloaded = 25 times