Penentuan Prioritas Perbaikan Atribut Produk Bandeng Presto Menggunakan Metode Kano

  • Vivin Indah Oktaviani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Said Salim Dahda Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

UMKM Presto Joss adalah UMKM yang bergerak dibidang kuliner dengan sajian utama adalah bandeng, Adapun permasalahan yang menjadi fokus penelitian, yaitu UD. Presto Joss masih belum pernah melakukan penelitian terhadap konsumennya mengenai atribut apa yang dibutuhkan oleh pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Mengidentifikasi atribut produk bandeng presto joss, dan juga mengidentifikasi penerapan metode Kano dalam memenuhi kepuasan pelanggan produk bandeng presto joss yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Dengan hasil Atribut yang dinginkan pelanggan bandeng presto joss ada 13 atribut, dan Berdasarkan penerapan metode kano yang dilakukan diketahui atribut yang perlu mendapat prioritas untuk perbaikan yang diinginkan pelanggan adalah Atribut P10 (keutuhan bentuk bandeng presto) yang tergolong dalam kategori One-Dimention, setelah kategori One-Dimention terpenuhi, kategori selanjutnya yaitu peningkatan kualitas atribut P8 dan P9 (aroma bandeng presto dan rasa bandeng presto) pada kategori Attractive, serta atribut P1, P2, P3, P4, P5, P6, P7, P11, P12 dan P13 pada kategori Indefferent. Untuk UD. Presto Joss untuk memperhatikan keinginan pelanggan dengan mengutamakan perbaikan keutuhan bentuk, aroma dan rasa bandeng presto sesuai hasil analisis yang dilakukan pada penelitian.

 

 

Kata Kunci: Atribut Produk, Bandeng Presto, Metode Kano

References

Aliyah, A. H. (2022). Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64–72. https://doi.org/10.37058/wlfr.v3i1.4719
Alvansyah. (2017). Peningkatan Kualitas Produk Donut dengan Pendekatan Model Kano. Integrasi Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 2(1), 13.
Baliwati, Y.F., dan Putri, Y.D.O. (2012). Keragaan Konsumsi Ikan di Indonesia Tahun 2005-2011. Jurnal Gizi dan Pangan, 7(3) : 181-188.
Fadilah, A., Syahidah, A. nur’azmi, Risqiana, A., Nurmaulida, A. sofa, Masfupah, D. D., & Arumsari, C. (2021). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 892–896. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1525
Karim, Z., Sadimantara, M. S., Nangroe, P., Darussalam, A., Barat, S., Barat, J., Tengah, J., Selatan, K., Utara, S., Selatan, S., Tenggara, S., & Utara, M. (2020). Pengembangan Produk Gula Semut dari Aren ( Arenga Pinnata Merr ) Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kano ( Studi Kasus : Industri Rumah Tangga di Desa Kabangka Kecamatan Kabangka Kabupaten Muna ) Development of Sugar Products From Aren ( Arenga. 1, 199–207.
Khomah, I., Harisudin, M., Nurhidayati, I., Riptanti, E. W., & Qonita, R. R. A. (2023). Peningkatan Daya Saing Ukm Melalui Inovasi Olahan Bandeng Presto. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 211. https://doi.org/10.24198/kumawula.v6i1.42460
Piyani, O. (2017). Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Merek Sony (Studi Di Kota Tarakan). Universitas Borneo Tarakan.
Prasetyo, M. E., & Sulistiyowati, W. (2022). Analisa Kualitas Layanan Menggunakan Metode KANO (Pada Jasa Pengiriman Barang PT . XYZ). Seminar Nasional Inovasi Teknologi, 6(3), 1–9.
Purnamayati, L., Wijayanti, I., Dwi Anggo, A., Amalia, U., & Sumardianto, S. (2018). Pengaruh Pengemasan Vakum Terhadap Kualitas Bandeng Presto Selama Penyimpanan. Jurnal Teknologi Hasil Pertanian, 11(2), 63. https://doi.org/10.20961/jthp.v11i2.29052
Rahmawati, R., & Amrussalam, A. (2022). Analisis True Customer Needs Produk Raja Menggunakan Model Kano Dan Quality Function Deployment Pada Umkm Tiu Ramata Di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian Dan Karya Ilmiah Dalam Bidang Teknik Industri, 8(2), 324. https://doi.org/10.24014/jti.v8i2.19565
Sutoni, A., & Ramadian, P. (2019). Analisis Kepuasan Konsumen dan Pengembangan Produk Menggunakan Metode Kano dan House Of Quality. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, 21–30. https://idec.ft.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/05/ID016.pdf
Suyadi, & Syahdanur. (2018). Analisis pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di Kabupaten Bengkalis Riau. Jurnal Ekonomi KIAT, 29(1), 1–10.
Wijaya, T. (2018). Manajemen kualitas jasa desain servqual, QFD dan kano. PT. Index.
Published
2023-07-27
Abstract viewed = 106 times
PDF downloaded = 96 times