Pengukuran Efisiensi Aktivitas Pemilihan Supplier Dengan Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) Pada Industri Garmen
Abstract
Pemilihan Supplier untuk pengadaan raw material agar sesuai dengan kebutuhan produksi sangat sulit dikendalikan, disebabkan adanya 2 (dua) kepentingan yang berbeda antara pihak perusahaan dan pihak supplier raw material yang bertolak belakang. Oleh karena itu penerapan metode DEA digunakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Metode DEA berfungsi untuk menentukan supplier yang tepat dengan melakukan pengukuran efisiensi dengan beberapa input (multiple input) dan beberapa output (multiple output) untuk beberapa unit pengambil keputusan, dan kemudian dilakukan pengendalian persedian raw material. Hasil penelitian menunjukkan adanya peghematan biaya sebesar US$281.524,69 sesudah menggunakan metode DEA.
References
Andrew Filardo, Nugroho Priyo Negoro, dan Aang Kunaifi, (2017). Penerapan Data Envelopment Analysis dalam Pengukuran Efisiensi Retailer Produk Kendaraan Merek Toyota, (Surabaya, ITS) https://media.neliti.com/media/publications/134927-ID-penerapan-data-envelopment-analysis-dala.pdf
Aritonang R, Lerbin R, (2002). Peramalan Bisnis (Jakarta: Ghalia Indonesia)
David J. Sumanth, (1982). Data Envelopment Analysis, International Journal of Service Industry Management.
Isnaini Halimah Rambe, Muhammad Romi Syahputra, (2017). Aplikasi Data Envelopment Analysis (Dea) Untuk Pengukuran Efisiensi Aktivitas Produksi, (Medan: MES), https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/129
John A. Muckstadt, Amar Sapra, (2010). Principles of Inventory Management (USA: Springer)
Muhammad Arif, (2018). Supply Chain Management (Sekolah Tinggi Teknologi Dumai)
Rajendra Mishra, (2009). Materials Management (Dew Delhi: Excel Book)
Siti Fatimah1dan Umi Mahmudah, (2017). Data Envelopment Analysis (Dea): Pengukuran Efisiensi Kinerja Sekolah Dasar. (Surakarta) https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/viewFile/11511/pdf
William W. Cooper, Lawrence M. Seiford, Kaoru Tone, Jan 10, (2007). Springer Science & Business Media (USA: Springer)