Penerimaan Teknologi Pendidikan Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Studi Kasus Pada Aplikasi Ruang Guru
Abstract
Peningkatan kasus positif di Indonesia berdampak sangat besar pada berbagai sektor, terutama sektor pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah menyiapkan portal media virtual untuk pembelajaran di rumah yang aksesnya masing-masing daerah. Di wilayah Jakarta dan sekitarnya disebut Aplikasi Ruang Guru. Penerapan lingkungan belajar tersebut di wilayah Jakarta dan sekitarnya terus dilakukan sejak pandemi Covid-19. Namun, kita perlu mengetahui penerimaan pengguna terhadap teknologi yang baru dikembangkan dan hambatan penggunaannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis tingkat penerimaan lingkungan pembelajaran online ruang guru menggunakan model penerimaan teknologi dengan model persamaan struktural dan pendekatan partial least squares. Dengan menggunakan variable TAM persepsi kegunaan (perceived usefulness), persepsi kemudahan pengguna (perceived ease of use), perilaku pengguna (attitude of use), sikap untuk menggunakan teknologi (behavioral intention of use), dan minat pengguna sistem (actually system use).
References
Alsaffar, Rabab Dawoud, Ali Alfayly, and Naser Ali. 2022. “Extended Technology Acceptance Model for Multimedia-Based Learning in Higher Education.” International Journal of Information and Education Technology 12(12):1300–1310. doi: 10.18178/ijiet.2022.12.12.1754.
Ardhian, T., K. H. Najib, and E. R. Nofrida. 2022. “Penerimaan Teknologi E-Learning SiPeDar Dengan Menggunakan Technology of Acceptance Model (TAM).” Jurnal Pemikiran Dan … 10(2):134–44.
Arianto, Fajar, Lamijan Hadi Susarno, Utari Dewi, and Alfi Fatimatus Safitri. 2020. “MODEL PENERIMAAN DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI : E-LEARNING DI PERGURUAN TINGGI Techology Acceptance Model : E-Learning in Higher Education.” 08(01):110–21.
Fecira, Dipinti, and Tengku Mohd. Khairal Abdullah. 2020. “Analisis Penerimaan E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Model (Tam).” Intelektiva : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora 02(04):35–50.
Fernanda, Jerhi Wahyu, and Noer Hidayah. 2021. “Analisis Penerimaan Aplikasi Pembelajaran Online Menggunakan Technology Acceptance Model 3 Dan Partial Least Square Structural Equation Model (Pls-Sem).” Factor M 3(2):161–72. doi: 10.30762/factor-m.v3i2.3097.
Granić, Andrina, and Nikola Marangunić. 2019. “Technology Acceptance Model in Educational Context: A Systematic Literature Review.” British Journal of Educational Technology 50(5):2572–93. doi: 10.1111/bjet.12864.
Iqbal, Johandri, and Arisman -. 2019. “Metode Pembelajaran E-Learning Menggunakan Technology Acceptance Modelling (TAM) Untuk Pembelajaran Akuntansi.” InFestasi 14(2):116. doi: 10.21107/infestasi.v14i2.4856.
Irawati, Tri, Elistya Rimawati, and Nayu Ariloka Pramesti. 2020. “Penggunaan Metode Technology Acceptance Model (TAM) Dalam Analisis Sistem Informasi Alista (Application Of Logistic And Supply Telkom Akses).” Is The Best Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise This Is Link for OJS Us 4(2):106–20. doi: 10.34010/aisthebest.v4i02.2257.
Kusumadewi, Aulia Nuraini, Nanda Anthony Lubis, Rhomy Adhy Prastiyo, and Dewi Tamara. 2021. “Aplikasi Selama Pandemi Covid-19 Untuk Orang Tua Dari Siswa Sekolah Dasar Pembelajaran Online Dengan Lingkup Siswa Sekolah Dasar ( SD ) Se-Jabodetabek . Namun , Yang School from Home ( SFH ). Berdasarkan Data Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan ( 2020 ).” 2(1):272–92.
Latifah, Nur, Sulis Rokhmawanto, Purwanto Purwanto, and Laili Syarifah. 2021. “Penerimaan Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19 Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model.” Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan 8(2):151–62. doi: 10.21831/jitp.v8i2.39755.
Lestari, Ade Fitria, Hilda Amalia, and Ari Puspita. 2021. “Penerimaan Teknologi Zoom Cloud Meeting Terhadap Minat Belajar Siswa Dari Rumah Dengan TAM.” INOVTEK Polbeng - Seri Informatika 6(1):27. doi: 10.35314/isi.v6i1.1857.
Marini, Marini-, and Sarwindah- Sarwindah. 2017. “Analisis Model Penerimaan Teknologi (Technology Acceptance Model) Aplikasi BPJS Online.” Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika (JEPIN) 3(1):16. doi: 10.26418/jp.v3i1.19710.
Monalisa, Monalisa, and Imron Imron. 2021. “Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Efektivitas Pengajaran Guru Sekolah Dasar Di Kota Tangerang.” Jurnal Inovasi Informatika 6(2):98–109. doi: 10.51170/jii.v6i2.164.
Natasia, Sri Rahayu, Yuyun Tri Wiranti, and Anggi Parastika. 2021. “Acceptance Analysis of NUADU as E-Learning Platform Using the Technology Acceptance Model (TAM) Approach.” Procedia Computer Science 197:512–20. doi: 10.1016/j.procs.2021.12.168.
pada Islam Terpadu Al-Muthmainnah Jambi Suroto, Classroom SD. 2021. “Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Implementasi Google Classroom Pada SD Islam Terpadu Al-Muthmainnah Jambi Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Implementasi Google.” Journal V-Tech (Vision Technology 3(2).
Pembelajaran, Media, Enok Tuti Alawiah, and Bina Sarana Infromatika. 2020. “Penerimaan Teknologi Konferensi Video Sebagai Jarak.” 4(36):465–70.
Purwandani, Indah, and Nurfia Oktaviani Syamsiah. 2020. “Analisa Penerimaan Dan Penggunaan Teknologi Google Classroom Dengan Technology Acceptance Model (TAM).” JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan 3(2):247–55. doi: 10.36765/jartika.v3i2.257.
Qonita, Aisyah, Sulton Sulton, and Yerry Soepriyanto. 2019. “Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Dan Aksesibilitas Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Angkatan 2018 Terhadap Penerapan Sipejar Menggunakan Model Tam (Technology Acceptance Model).” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2(2):140–48. doi: 10.17977/um038v2i22019p140.
Rekayasa, Jurnal, and Teknologi Informasi. 2020. “Penerimaan Teknologi Dalam Perspektif Pembelajaran Daring Di Institusi Pendidikan : Sastra Sistematis.” 66–79.
Roposals, Tory P., F. O. R. M. Anipulating, A. R. T. Icu, Ruihai Wu, Yan Zhao, Kaichun Mo, Zizheng Guo, and Yian Wang. 2022. “Vat-M Art : L Earning V Isual a Ction T Rajec -.” 17:1–23.
Setiawati, Nindi Silvia Rahmadani dan 2Mia. 2019. “Aplikasi Pendidikan Online ‘Ruang Guru’ Sebagai Peningkatan Minat Belajar Generasi Milenial Dalam Menyikapi Perkembangan Revolusi Industri 4.0.” Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 3(2):241–46.
Siregar, Khairani Ratnasari. 2011. “Kajian Mengenai Penerimaan Teknologi Dan Informasi Menggunakan Technology Accaptance Model (TAM).” Rekayasa 4(1):27–32.
Sistem, Jurnal, Aang Kisnu Darmawan, and Nur Umamah. 2019. “Kerangka Edmodo Berbasis : Perspektif Persepsi Siswa.” 1(1):60–69.
Sukendro, Sukendro, Akhmad Habibi, Khaeruddin Khaeruddin, Boy Indrayana, Syahruddin Syahruddin, Fredrik Alfrets Makadada, and Hikmad Hakim. 2020. “Using an Extended Technology Acceptance Model to Understand Students’ Use of e-Learning during Covid-19: Indonesian Sport Science Education Context.” Heliyon 6(11). doi: 10.1016/j.heliyon.2020.e05410.
Suryaman, Maman, Risma Fitriani, Dian Budhi Santoso, and Universitas Singaperbangsa Karawang. 2022. “Penerapan Model Penerimaan Teknologi Dalam Mengevaluasi Mixed Reality Sebagai Strategi Pembelajaran Pengelolaan Kelas.” 12(2):494–505.
Copyright (c) 2024 Sugiyono Sugiyono, Eka Okta Puri Sulaiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.