Rancang Bangun Website E-Commerce Berbasis Wordpress Dan Integrasi Payment Gateway Metode Waterfall

  • Gira Muhammad Nur Icharisma Teknik Informatika, Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kamal Prihandani Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Aji Primajaya Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Rizal Fire Shop adalah toko yang menjual berbagi jenis peralatan pemadam kebakaran, perlengkapan dan pakaian bertemakan pemadam kebakaran yang berlokasi di karawang. Rizal Fire Shop sudah menggunakan WhatsApp dan Martkeplace sebagai sarana penjualan online tetapi terdapat beberapa kendala yang dihadapi ketika menggunakan jasa pihak ke 3 yaitu, keterbatasan fitur, seperti keterbatasan dalam hal kustomisasi, manajemen stok, persaingan antar penjual dapat sangat ketat, yang dapat membuat sulit bagi Rizal Fire Shop untuk menarik perhatian pembeli, serta menghindari biaya tambahan yang mungkin dikenakan oleh platform, yang dapat mengurangi keuntungan Rizal Fire Shop, menimbulkan risiko jika platform tersebut mengalami masalah teknis atau mengalami perubahan aturan yang merugikan penjual, dari beberapa kendala yang dihadapi Rizal Fire Shop dapat membangun merek mereka sendiri dan meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan. Berdasarkan latar belakang yang sudah dilampirkan. Rizal Fire Shop memutuskan untuk merancang website e-commerce berbasis WordPress dengan plugin WooCommerce dan integrasi payment gateway dengan menggunakan metode waterfall

References

Andika Fauzan Pratama., Anita Diana. (2021) "Implementasi E-commerce Dengan Content Management System WordPress Menggunakan Woocommerce Pada Hopeandsoles.Id". Indonesia Journal Information System (Idealis). https://doi.org/10.36080/idealis.v4i1.2769.
Arief, & M. Rudianto. (2011). Pemrograman Web Dinamis Menggunakan Php dan Mysql" (ANDI, ed.). Yogyakarta: ANDI.
Asti, Chairunisa Dwinanda, Widhy Hayuhardika Nugraha Putra, dan Welly Purnomo. t.t. “Pengembangan Website E-commerce dengan Pemanfaatan Sistem Payment gateway Midtrans (Studi Kasus: Butik Rizza Collection).”
Bahrun, Suryadi, Suryani Alifah, dan Sri Mulyono. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Web. 2(2).
Bayu Kurniawan. (2023). 13 Jenis-Jenis Diagram UML dan Contoh Gambarnya. https://ilmuelektro.id/jenis-jenis-diagram-uml/#9_Object_Diagram diakses pada 13 April 2023
Benefita. (2023). Apa itu Hosting? Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya. https://www.niagahoster.co.id/blog/hosting-adalah/ diakses pada 13 April 2023
Dimas Bayu. (2022). APJII: Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022. diakses pada 8 April 2023
Duitku, Pertanyaan yang sering ditanyakan"., https://www.duitku.com/frequently-asked-questions/#umum diakses pada 12 April 2023
Editorial Team. (2022) "What Is WooCommerce and Why Should You Use It? "., https://wpastra.com/woocommerce-tutorial/what-is-woocommerce/. diakses pada 10 April 2023
K.Patel, Savan, V.R. Rathod, and Jigna B. Prajapati. (2011). Performance Analysis of Content Management Systems Joomla, Drupal and WordPress. International Journal of Computer Applications. 21(4): 39–43. https://doi.org/10.5120/2496-3373.
Muhammad Aldi Novriansyah., Eneng Tesly Navida., Rahman Zulkarnaen., Esa Nurfaizah., Somantri. (2022) "Sistem Penjualan Perikanan Menggunakan Woocommerce WordPress". SENTIMETER (Seminar Nasional Teknologi Informasi, Mekatronika dan Ilmu Komputer).
Ningrum, Dwi Retno, Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra, dan Welly Purnomo. t.t. “Pengem-bangan Sistem Informasi Pemesanan Bahan Baku berbasis Android pada Franchise Qopee.”
Novriansyah, Muhammad Aldi, Eneng Tesly Navida, Rahman Zulkarnaen, dan Esa Nurfaizah. (2022). Sistem Penjualan Perikanan Menggunakan Woocommerce Wordpress.
Permoni, Sila, dan Atik Ariesta. t.t. Penjualan Online Pada Toko Friend Shoes Jkt Dengan Menggunakan Woocommerce.
Pratama, Andika Fauzan, dan Anita Diana. (2021). Implementasi E-Commerce Dengan Content Management System Wordpress Menggunakan Woocom-Merce Pada Hopeandsoles.Id.” IDEALIS : InDonEsiA journaL Information Sys-tem 4 (1): 20–30. https://doi.org/10.36080/idealis.v4i1.2769.
Rosa A.S., & Shalahuddin, M. (2015). "Kolaborasi Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek". Bandung: Informatika
Salim, Andi Agus, Soni Fajar Surya Gumilang, dan Muhammad Azani Hasibuan. t.t. “Pengem-Bangan Aplikasi E-Commerce Berbasis Website Menggunakan Con-Tent Management System (Cms) Wordpress Pada Startup Hard-Craft.Id.”
Susanto, Rani, and Anna Dara Andriana. (2016). Perbandingan Model Waterfall Dan Prototyping Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Majalah Ilmiah UNIKOM 14 (1). https://doi.org/10.34010/miu.v14i1.174.
Suwandi, Edi, H Fitri Imansyah, H Dasril, dan Jln H Hadari Nawawi. t.t. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Menggunakan Skala Likert Pada Layanan Speedy Yang Bermigrasi Ke Indihome.”
Taylor, Allen G. (2019). SQL for Dummies. 9th edition. --For Dummies. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons, Inc.
Williams, B., Damstra, D., Stern, H. (2015). Professional WordPress: Design and Development (3rd Edition). Indianapolis: John Wiley & Sons, Inc.
WordPress. "About WordPress"., https://WordPress.org/about/ diakses pada 12 April 2023.
Published
2023-11-21
Abstract viewed = 30 times
PDF downloaded = 45 times