Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Makanan Olahan Ikan Berbasis Web Pada Umkm Minafood Rembang

  • Dea Rama Junies Nugraha UNIVERSITAS STIKUBANK SEMARANG
  • Hari Murti Universitas Stikubank Semarang

Abstract

Minafood adalah salah satu usaha menengah yang bergerak dalam mengolah berbagai jenis makanan olahan ikan, sejak tahun 2013, yang menyediakan olahan ikan yang berupa frozeen food. Sistem pada Minafood olahan ikan penjualan masih secara offline, pemasaran masih terbatas disekitar wilayah dan pencatatan pengolahan data masih menggunakan catatan buku. Sistem informasi berbasis web guna agar lebih dikenal luas untuk mengatasi masalah tersebut. Metode yang dikembangkan menggunakan prototype, software dan PHP sebagai bahasa pemrograman, MySql dan pengujiannya menggunakan Blackbox Testing. Penelitian ini menghasilkan sebuah website untuk media pemasaran dan penjualan secara online. Website yang dibuat untuk perkembangan bisnis dan menangani kendala yang dihadap saat ini. Hasil penelitian ini adalah sistem informasi berbasis web untuk media promosi yang efektif, target penjualan meningkat dan penjualan lebih mudah melalui website.

References

Cholis, A. N. (2023). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan HP Dan Aksesoris Berbasis Website. Teknik Mesin, Industri, Elektro, Dan Informatika (JTMEI), 110- 124.
Jaya, T. S., & Widyawati, D. K. (2019). Pengembangan E-Market Place Pertanian Dengan Metode Prototype . Polinela, 27-34.
Magdalena, P., & Putera, A. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Batik Sembogem Pada Umkm Desa Bogem Magetan. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 659- 661.
Manis, R., Setiyaningsih, W., & Kuswinardi, W. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Laptop Berbasis Web Dengan Metode Waterfall. Terapan Sains & Teknologi, 197-207.
Mulyanto, Y., Handani, F., & Hasmawati. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Pada Toko Omg Berbasis Web Dikecamatan Empang Kabupaten Sumbawa. JINTEKS Vol.2 No.1, 69-77.
Muniroh, L., Hurriyaturrohman, & Marlina, A. (2017). Manfaat Penggunaan Media Sosial Terhadap Peningkatan Penjualan Tas Pada Pengrajin Tas Di Ciampea. Ilmiah Inovator, 58-70.
ong, D. (2020). Analisa Penggunaan Sistem Sosial Media Terhadap Dampak Pemasaran Penjualan Produk Pada UMKM. Teknologi Informasi, 26-36.
Rahmawati, K. (2021). Pelatihan Penjualan Online Menggunakan Marketplace Pada Ukm Di Bantul. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1-7.
Rosiska, E., & Fauzi, R. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Usaha Roti Dapoer Yuri. SNISTEK 3, 55-60.
Yuliaty, T., Shafira, C. S., & Akbar, M. R. (2020). Strategi UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Global Studi Kasus Pada PT. Muniru Burni Telong
Published
2023-09-30
Abstract viewed = 51 times
PDF downloaded = 48 times