Smart Food Dehidrator Berbasis IoT Untuk Menghasilkan Cemilan Sehat

  • Refni Wahyuni Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Ilzi Adrolis SNR Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Destina Destina Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Nur Syari’ah Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Daniel Luis Kristian Sirait Universitas Hang Tuah Pekanbaru
  • Vita Rahmatiah Syakirah Universitas Hang Tuah Pekanbaru

Abstract

Cara mengantisipasi terjadinya kerugian yang besar, masyarakat mengolah buah dan sayur dengan cara mengeringkan. Lama pengeringan dengan penjemuran tergantung pada cuaca, jika cerah pengeringan bisa berlangsung selama 2-3 hari bahan kering dengan kadar air sekitar 20% (Imam, 2013). Pengeringan berbasis teknologi sudah ada, tetapi masih menggunakan pengontrolan masih manual, berdasarkan permasalahan diatas maka penelitian ini tentang smart food dehydrator berbasis IoT, monitoring suhu dan kelembaban sudah menggunakan IoT yaitu bisa dikendalikan dari jarak jauh. Metode yang digunakan adalah metode prototype Adapun hasil pengujian dalam proses pengeringan buah dan sayur menggunakan waktu lebih kurang 3 jam menggunakan lampu pijar 4 buah daya 75 watt, hasil pengeringan bagus dan tidak ada perubahan warna seperti  terpanggang.Hasil pengujian dapat disimpulkan dengan menggunakan smart food dehydrator berbasis IoT, proses pengeringan buah dan sayur menjadi sebuah cemilan bekerja dengan baik dan perubahan warna dari buah dan sayur hanya lebih pudar dari buah dan sayur segar.

References

Asiah, N., & Djaeni, M. (2021). Konsep Dasar Proses Pengeringan Pangan. http://aepublishing.id
Hafidhin, M. I., Saputra, A., Rahmanto, Y., & Samsugi, S. (2020). Alat Penjemuran Ikan Asin Berbasis Mikrokontroler Arduino UNO. Jurnal Teknik Dan Sistem Komputer, 1(2), 59-66.
Haris, A., Hanafi, K., Amalia, A., sunaryo, & Novchi, R. W. (2022). Program Diseminasi Teknologi Dehydrator Betel Nut Machine Berbahan Bakar Biomassa Di Desa Tanjung. 6(1), 249–257.
Imam, M. N. (2013). Analisis Teknis Dan Finansial Mesin Pengering Hybrid Sistem Untuk Pengeringan Pati Sagu. In Paper Knowledge . Toward A Media History Of Documents.
Kartika, Z. (2022). Karakteristik Mutu Pengeringan Nanas Menggunakan Food Dehydrator Dan Tray Dryer.
Nita Nurdiana, Abdul Azis, & Perawati, P. (2022). Perancangan Pengendali Temperatur Pada Alat Pengering Makanan Berbasis Iot. Electrician, 16(3), 247–252. Https://Doi.Org/10.23960/Elc.V16n3.2263
Yudantoro, T. R., Hestiningsih, L., Sukamto, Sulistyo, W., Kurnianingsi, Raharjo, P., Mardiyono, Handoko, S., Suyanto, B., Triyono, L., & Jurusan. (2015). Penerapan Smart Food Dehydrator Berbasis Iot Pada Toko Buah Kamti Widodo. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Polines, 3, 103–111.
Yudantoro, T. R., Sukamto, S., Sulistyo, W., Kurnianingsih, K., Raharjo, P., Mardiyono, M., ... & Triyono, L. (2021, July). PENERAPAN SMART FOOD DEHYDRATOR BERBASIS IoT PADA TOKO BUAH KAMTI WIDODO. In Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Vol. 3, No. 1).
Published
2023-11-05
Abstract viewed = 17 times
PDF downloaded = 19 times