Analisis Pengaruh Tokopedia Play Live Shopping Terhadap Minat Pembelian Di Kota Batam Dengan Pendekatan TAM
Abstract
Dengan kemajuan era digital, aksesibilitas terhadap berbagai hal menjadi lebih mudah. Contoh nyata dari hal ini adalah munculnya e-commerce, dimana perdagangan dapat dilakukan secara daring antara berbagai pihak, mirip dengan platform Tokopedia. Tokopedia telah menjadi pemimpin dalam industri e-commerce di Indonesia selama beberapa waktu. Ditengah pandemi saat ini, Tokopedia baru ini menghadirkan fitur terbaru bernama Tokopedia Play Live Shopping. Live Shopping adalah bentuk siaran langsung dimana penjual mempromosikan produk mereka kepada audiens atau calon pembeli. Tujuan dari penelitian untuk mengukur dampak dari fitur Tokopedia Play Live Shopping terhadap minat pembelian dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Variabel penelitian ini meliputi Trust (Kepercayaan), Risk Perceived (Persepsi Risiko), Perceived Usefulness (Persepsi Kegunaan), Perceived Ease of Use (Persepsi Kemudahan) dan Repurchase Intention (Minat Pembelian). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan mendistribusikan kuesioner daring melalui pengambilan sampel acak. Penganalisaan data dilakukan dengan menggunakan Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) dengan bantuan alat AMOS, dan didukung oleh SPSS. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa faktor yang memiliki pengaruh paling signifikan terhadap minat pembelian di Tokopedia Play Live Shopping di Kota Batam adalah persepsi kemudahan penggunaan terhadap repurchase intention.
References
Deananda, A., Budiastuti, P., & Muid, D. (2020). Analisis Faktor-Faktor Pengaruh Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce Pada Aplikasi Shopee Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). DIPONEGORO JOURNAL OF ACCOUNTING, 9(4). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/accounting
Febrina Sari, D. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli Pelanggan Pada Situs E-Commerce Di Indonesia (Studi Kasus Tokopedia).
Ihsan Baso, M. H. (2022). Jurnal Mirai Management Penerapan E-Commerce Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Bagi UMKM Di Kota Makassar. Jurnal Mirai Management, 7(2), 355–365. https://doi.org/10.37531/mirai.v7i2.2411
Japarianto, E., & Anggono, Y. D. (2020). Analisa Pengaruh Perceived Ease of Use Terhadap Intention To Buy Dengan Perceived Usefulness sebagai Variabel Intervening pada Aplikasi E-Commerce Tokopedia.
Kurniaman, R. A., Chendra, M., Kelvin, K., Anderson, K., & Yudianto, W. (2021). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap minat penggunaan e-commerce: Studi kasus di Shopee Indonesia. Teknologi: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 11(2), 84–92.
Lonan, J. F., Ogi, I. W. J. M., & Karuntu, M. M. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk dan Keragaman Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Aplikasi Tokopedia (Studi Mahasiswa Di Feb Unsrat). 102 Jurnal EMBA, 11(3), 102–112.
Mulyana, A. P., & Djamzuri, M. I. (2022). Teknologi Tokopedia Play Live Shooping Dalam Perspektif Ekologi Media Konvergensi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(3), 2598–9944. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i3.3487/http
Novelia, E., Effendi, I., & Syahputri, Y. (2021). Analisis Penggunaan Aplikasi Linkaja Dengan Technology Acceptance Model Pada Grapari Telkom Group Medan Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 2(2), 117–128. https://doi.org/10.31289/jimbi.v2i1.453
Nurul Rohman, A., Mukhsin, M., Ganika, G., & Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, F. (2023). Penggunaan Technology Acceptance Model Dalam Analisis Actual Use Penggunaan E-Commerce Tokopedia Indonesia Use of the Technology Acceptance Model in Analyzing Actual Use of E-Commerce Tokopedia Indonesia.
Rachbini, W., Salim, F., Haque, M. G., & Rahmawati, E. (2019). Analisis Niat Pembelian Ulang E-Commerce Mobile dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen. https://doi.org/10.17358/jabm.5.3.530
Rahmawati Hapsyah, D., & Hanim, W. (2023). Validitas Dan Realibilitas Instrumen Stress Akademik. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur, 9(1), 309–314. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR
Ristianti, D. E., Yulianto, R., Yunita, D., & Pratiwi, H. (2023). Eksplorasi Dampak Pemanfaatan E-Commerce Pada Pertumbuhan Ekonomi Digital UMKM Di Kota Malang. https://rejogja.republika.co.id/
Suandewi, P. R., & Maradona, A. F. (2023). The Influence Of Online Review, Subjective Norm, Perceived Ease of Use And Customer Online Experience On Online Buying Intention In E-Commerce In Indonesia With Consumer Attitude And Trust As Mediation. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Bisnis Dan Kewirausahaan, 45(1). https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v8i1.42739
Wongkitrungrueng, A., & Assarut, N. (2020). The role of live streaming in building consumer trust and engagement with social commerce sellers. Journal of Business Research, 117, 543–556. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.08.032
Copyright (c) 2024 Yefta Christian, Herman Herman, Edi Yanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.