Perancangan dan Implementasi Video Animasi Pentingnya Berinvestasi di Instrumen Pasar Modal Menggunakan Metode ADDIE
Abstract
Video Animasi 2D merupakan gambar yang digerakkan menjadi video dengan karakter dan kumpulan objek yang disusun sesuai dengan alur cerita. Tujuan dari penelitian ini adalah agar dapat memberikan informasi melalui video animasi 2D pentingnya berinvestasi di intrumen pasar modal kepada masyakarat indonesia khususnya pada investor pemula dan mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara dan observasi terhadap investor investor yang dapat dikatakan sukses. Model perancangan menggunakan metode ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Perancangan dilakukan dengan menggunakan software Adobe Ilustrator, Adobe After Effect, dan Adobe Premier Pro. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa responden setuju dengan animasi 2D ini dan dianggap layak dijadikan video edukasi terhadap investasi di pasar modal. Diharapkan dengan video animasi ini dapat membangkitkan gairah generasi muda untuk mempelajari investasi di pasar modal.
References
Aprilianto, P., Wijoyo, S. H., & Amalia, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 2 Dimensi dengan Model ADDIE pada Mata Pelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video Kelas XII Multimedia SMKN 12 Malang. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(6), 1137. https://doi.org/10.25126/jtiik.2022934886
Aziz, A. (2018). Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Bina Diri Anak Tunagrahita Ringan Pada Pembelajaran Bina Diri Di SLB Tunas Kasih Surabaya. Jurnal Pendidikan Khusus, 63(6), 1–21. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
Deu, I. (2022). Film Animasi Pengenalan Stock Investment dengan Metode Motion graphic. Journal of Information System and Technology, 3(2), 62. https://doi.org/10.37253/joint.v3i2.6795
Imtinan, Q. (2018). Investasi di Pasar Modal Syariah. Dinar: Jurnal Prodi Ekonomi Syari’ah, 1(1), 107–128.
Manurung, K. (2022). Mencermati Penggunaan Metode Kualitatif Di Lingkungan Sekolah Tinggi Teologi. FILADELFIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 3(1), 285–300. https://doi.org/10.55772/filadelfia.v3i1.48
Pendapatan, D. A. N., & Keputusan, T. (2021). Jurnal Ilmiah Manajemen Keuangan - 12 Agustus 2021.
Puspa, P. C., & Ghoni, M. A. (2019). Peranan Pasar Modal Dalam Perekonomian Negara. HUMAN FALAH: Jurnal Ekonomikawan, 19(1), 50–61.
Raharjo, M. E. (2023). Pengaruh Motivasi , Literasi Keuangan , Dan Demografi Terhadap Perencanaan Keuangan Untuk Mencapai Kebebasan Keuangan. 8(2), 261–275.
Suliswaningsih, S., Achmad Masruri, Ganang Eko Saputro, Anugerah Bagus Wijaya, & Chyntia Raras Ajeng Widiawati. (2023). Animasi “Keluarga Aman” Sebagai Media Sosialisasi Pencegahan Penularan COVID-19. Infotekmesin, 14(1), 8–13. https://doi.org/10.35970/infotekmesin.v14i1.1484
Terrance, J. J., Putong, D., & Tuwaidan, A. N. (2022). Permasalahan Investasi Bodong Berbasis Online di Indonesia. Jurnal Civic Educatioan, 4(2), 43–51.
Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. http://repository.uin-malang.ac.id/1984/
Walangadi, H., & Pratama, W. P. (2020). Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Menggunakan Media Video Animasi 2D. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 4(3), 201. https://doi.org/10.37905/aksara.4.3.201-208.2018
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 6(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v6i1.14330
Copyright (c) 2024 Muhammad Ardiansyah, Robin Sunjaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.