Analisis Penerimaan Blended Learning Sebagai Media Pembelajaran Dengan Metode UTAUT Pada Mahasiswa Di Kota Batam

  • Hendi Sama Universitas Internasional Batam
  • Wesley Zhang Univesitas Internasonal Batam

Abstract

Pada saat ini, pendidik harus menjadi lebih inovatif dalam menghadapi perubahan dalam metode pembelajaran. Blended learning dapat dikatakan sebagai pendekatan yang menggabungkan pembelajaran online dan tatap muka. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengukur tingkat penerimaan mahasiswa di Kota Batam terhadap blended learning. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif yang melibatkan pengiriman kuesioner secara online. Analisis SEM menggunakan perangkat lunak SmartPLS dan SPSS dimanfaatkan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini menunjukkan konstruk performance expectancy, social influence, facilitating conditions, dan self-learning mempengaruhi user acceptance pada mahasiswa di Kota Batam. Sedangkan konstruk effort expectancy, perceived joyfulness, dan self efficacy tidak mempengaruhi user acceptance pada mahasiswa di Kota Batam.

References

Ansori, M. (2018). Desain dan Evaluasi Pembelajaran Blended Learning Berbasis Whatsapp Group ( WAG ) Miksan Ansori Sekolah Tinggi Ilmu Syari ’ ah Faqih Asy ’ ari Kediri , Indonesia Email : Ikhsan.aira@gmail.com Abstraksi Blended learning as one of the 21 st century learning. Jurnal Dirasah, 1(1), 120–137.
Batubara, H. S., Riyanda, A. R., Rahmawati, R., Ambiyar, A., & Samala, A. D. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19: Meta-Analisis. Jurnal Basicedu, 6(3), 4629–4637. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2816
Dinh, T. C., Dao, K. T., Quach, D. K., & Ha, N. P. T. (2021). Factors affect students’ satisfaction in blended learning courses in a private university in Vietnam. Essays in Education, 28(1–29).
Jufrizen, J., & Lubis, A. S. P. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepemimpinan Transaksional terhadap Kinerja Pegawai Dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Moderating. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), 41–59. https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4874
Karim, B. A. (2020). Education and Learning Journal Pendidikan Perguruan Tinggi Era 4.0 Dalam Pandemi Covid-19 (Refleksi Sosiologis). Education and Learning Journal, 1(2), 102–112. http://jurnal.fai@umi.ac.id
Maria Josephine Arokia Marie, S. (2021). Improved pedagogical practices strengthens the performance of student teachers by a blended learning approach. Social Sciences and Humanities Open, 4(1), 100199. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100199
Ramadani, A. D., Sulthoni, & Wedi, A. (2019). Implementasi Blended Learning Di Jurusan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 62–67.
Sari, R. (2019). Bab 4 Bab 4. Pendidikan & Revolusi Industri, Cii, 1–13. https://eprints.walisongo.ac.id/14747/1/III. A. 1. b. %282%29 Kinerja Book Chapter.pdf#page=110
Suryanto, D., Tinggi, S., Ekonomi, I., Agus, H., & Bukittinggi, S. (2019). Effect of Motivation and Job Satisfaction on Employee Performance with Compensation as an Intervening Variable Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai dengan Kompensasi sebagai Variabel Intervening. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 1(2), 98–109. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Tinggi Agama Islam Negeri Majene, S., BLK Kel Totoli, J., & Penulis, K. (2022). Efektivitas penerapan model pembelajaran blended learning terhadap kemampuan menulis artikel ilmiah. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 20(2), 1280–1287. https://mail.jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/ekspose/article/view/1386
Zahra, F. (2019). User Behaviour Intention Using Utaut2 Model: a Systematic Literature Review. Russian Journal of Agricultural and Socio-Economic Sciences, 92(8), 265–273. https://doi.org/10.18551/rjoas.2019-08.29
Published
2023-11-22
Abstract viewed = 40 times
PDF downloaded = 16 times