Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Fotografi

  • Jerry Jerry Universitas Internasional Batam
  • Muhammad Ardiansyah Universitas Internasional Batam

Abstract

Media pembelajaran adalah sebuah alat bantu pembelajaran yang mampu mengembangkan pemahaman, perasaan, konsentrasi, serta kemampuan atau keterampilan peserta didik, sehingga dapat memfasilitasi proses belajar. Fotografi merujuk pada proses pembuatan gambar atau foto dari suatu objek dengan cara merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada suatu medium yang peka terhadap cahaya. Melalui platform YouTube, mahasiswa dapat lebih mudah memahami materi karena video pembelajaran yang dibuat memiliki daya tarik tersendiri, sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan menghindari rasa bosan.Penelitian ini menggunakan metode tinjauan literatur dan pendekatan kualitatif dengan model pengembangan 4D.Video yang telah dirancang akan diuji pada 30 mahasiswa yang berada di Batam yang telah menontonnya, dan hasil uji responden akan dianalisis untuk menyimpulkan hasil penelitian. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa video pembelajaran ini mendapat berbagai respons positif dan konstruktif. Secara keseluruhan, video pembelajaran ini diterima dengan baik oleh responden, walaupun terdapat beberapa catatan untuk perbaikan, termasuk peningkatan efek, variasi backsound, serta peningkatan dalam aspek animasi.

References

Andhita, P. R. (2021). Komunikasi Visual - Pundra Rengga Andhita, S. Sos., M. I. Kom - Google Books. Zahira Media Publisher. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=ico5EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA2&dq=komunikasi+visual+pundra+rengga&ots=31boE7IqDG&sig=Km5s12ywX2Wtw0KB31L8HndOG5I&redir_esc=y#v=onepage&q=komunikasi visual pundra rengga&f=false
Apriwahyuni, R. (2021). GURU BERBAGI | Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran. Kemendikbud.Go.Id. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/pemanfaatan-youtube-sebagai-media-pembelajaran/
Firdaus, H., Atikah, C., & Ruhiat, Y. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Kelistrikan Kendaraan Ringan Berbasis Animaker Terintegrasi Youtube. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 9(2), 100–108. https://doi.org/10.23887/jptm.v9i2.33579
Hootsuite. (2022). Social Media Statistics and Digital Trends Q3 2022 Update. https://www.hootsuite.com/resources/digital-2020#accordion-115547
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 5(1), 135–159. www.journal.uniga.ac.id135
Nur, S., & Indonesia, U. P. (2020). Fotografi Sebagai Media Pembelajaran Dalam Multiperspektif. June.
Pratama, J., & Chrissy, J. (2023). Analisis Efektivitas Animasi Sebagai Media Promosi Kebudayaan China. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 9(1), 1–23. https://doi.org/10.30738/st.vol9.no1.a13626
Pratama, J., Dan, P., Video, A., Vihara, D., Gajah, J., Baloi, M., Sekupang, K., Batam, K., Riau, K., & Pratama, J. (n.d.). Perancangan Dan Analisis Video Dokumenter Vihara Di Kkota Tanjungpinang Menggunakan Metode MDLC. 01, 42–55.
Purwandari, E. (2019). Pemanfaatan Youtube Sebagai Sumber Belajar Fisika. JOEAI, 2(2), 83–90.
Tegeh, M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262
Published
2024-09-16
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times