Desain Video Tutorial Teknik Tembak Bola Futsal Berbasis Animasi 3D Captain Tsubasa

  • Indasari Deu univesitas internasonal batam
  • Sugianto Sugianto Universitas Internasional Batam

Abstract

Dengan perkembangan teknologi di dunia, banyak perusahaan menggunakan animasi karena banyaknya diminati oleh masyarakat. Animasi tidak hanya 2 dimensi dan 3 dimensi tetapi juga memiliki teknik motion graphic frame by frame yaitu membuat sebuah ilusi pergerakan dari sebuah gambar atau objek. Karena itu, penulis membuat sebuah video animasi yang bertemakan video tutorial dalam bermain futsal. Penulis juga melakukan pendekatan dengan narasumber dengan menggunakan wawancara terhadap 10 narasumber. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode MDLC yaitu metode  yang menggunakan enam tahapan  yaitu:  konsep (Concept), perancangan (Design), pengumpulan bahan (Material Collecting), pembuatan (Assembly). Penulis membuat sebuah animasi dengan menggunakan software blender yang akan dijadikan sebuah video animasi yang berdurasi 2 menit 30 detik dan diharapkan video tersebut dapat bermanfaat kepada para penonton.

References

Buya, P. A., Tamunu, D., & Sumarauw, F. D. (2021). Pengaruh Latihan Permainan Target Terhadap Ketepatan Shooting Dalam Permainan Futsal. PHYSICAL: Jurnal Ilmu Kesehatan Olahraga, 2(1), 108–122. https://doi.org/10.53682/pj.v2i1.1120
Japit, S. (2020). Perancangan Animasi 3D Simulasi Bandar Udara Menggunakan Software 3DS Max. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research …, 8(2), 18–24. http://www.ijcoreit.org/index.php/coreit/article/view/188
Mailani, Y., & Candra, O. (2021). Rancang Bangun 3D Printer Menggunakan Sistem Auto Leveling dengan Mikrokontroler. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 4(2), 232.
Mappasere, S. A., & Suyuti, N. (2019). Pengertian Penelitian Pendekatan Kualitatif. In Metode Penelitian Sosial (Vol. 33).
Marselia, M., Sitompul, N., & Fathushahib, F. (2022). Perancangan Animasi 3D Taman Wisata Binjai Park Desa Jirak Kabupaten Sambas. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 5(1), 45. https://doi.org/10.21927/ijubi.v5i1.2335
Mustika, M., Sugara, E. P. A., & Pratiwi, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle. Jurnal Online Informatika, 2(2), 121. https://doi.org/10.15575/join.v2i2.139
Ompi, C. P., & Sompie, S. (2020). Video Animasi Interaktif 3d Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Sekolah Dasar Tingkat Awal. Jurnal Teknik Elektro Dan …, 9(2), 127–136.
Putra, J. (2020). Perancangan Animasi 3D Simulasi Bandar Udara Menggunakan Software 3DS Max. Jurnal Ilmiah Core IT: Community Research …, 8(2), 18–24. http://www.ijcoreit.org/index.php/coreit/article/view/188
Putri, R. E., & Iswari, M. (2018). Media Video Tutorial dalam Keterampilan Membuat Boneka dari Kaus Kaki Bagi Anak Tunagrahita. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 178–185.
Sari, A., & Adrian, Q. J. (2020). Implementasi Augmented Reality Pada Buku “the Art of Animation: 12 Principles.” Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 1(1), 109–119. https://doi.org/10.33365/jatika.v1i1.230
Sintaro, S., Surahman, A., & Khairandi, N. (2020). Aplikasi Pembelajaran Teknik Dasar Futsal Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. TELEFORTECH : Journal of Telematics and Information Technology, 1(1), 22–31. https://doi.org/10.33365/tft.v1i1.860
Syahputra, R. B., & Deslianti, D. (2021). Pembuatan Video Animasi 3D Kantor Gubernur Provinsi Bengkulu. Rekursif: Jurnal Informatika, 9(2), 128–136. https://doi.org/10.33369/rekursif.v9i2.17353
Wowor, M., Tondobala, L., Arsitektur, M. P., Teknik, F., Sam, U., Pengajar, S., Arsitektur, P., Teknik, F., & Ratulangi, U. S. (2012). MEDIA MATRASAIN. 9(2), 54–74.
Published
2024-01-31
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 12 times