Bahaya Perjudian Online Menggunakan Animasi 2D Dan Penerimaannya Menggunakan UTAUT

  • Rainal Agus Setiawan Universitas Internasional Batam
  • Jimmy Pratama Universitas Internasional Batam

Abstract

Pada saat ini, perkembangan teknologi sudah tidak dapat dihindari. Apalagi perkembangan teknologi dalam media pembelajaran yang berperan penting dalam mengedukasi masyarakat. Salah satunya adalah media pembelajaran dengan video animasi. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh video animasi 2 dimensi tentang bahaya judi online terhadap remaja yang berada di Kota Batam. Penulis menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dalam perancangan video animasi 2 dimensi. Penulis juga, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form dengan total 400 responden. Untuk model pengukuran, mengkonfirmasi bahwa seluruh nilai outer loading >0.65. Nilai CR berkisar 0.839 sampai 0.877. Nilai AVE diantara 0.597 sampai dengan 0.692. Oleh karena itu, validitas konvergen telah terpenuhi dalam studi kasus ini. Untuk validitas diskriminan juga telah terpenuhi. Hasil penelitian pada model struktural menegaskan bahwa Hedonic Motivation (HM) memiliki pengaruh paling kuat, diikuti oleh Effort Expectancy (EE), dan Students' Innovativeness (SINN) secara berurutan.

References

Aisah, S., Ismail, S., & Margawati, A. (2021). Edukasi Kesehatan dengan Media Video Animasi: Scoping Review. Jurnal Perawat Indonesia, 5(1), 641–655. https://doi.org/https://doi.org/10.32584/jpi.v5i1.926
Anggraini, L. N., Fitriyani, Alqirany, F. H., Yumerda, D., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Video Animasi Sebagai Media Edukasi Adab Bersosial Media Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1266–1279. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1102
Aulia, A. Z., Maharani, G., Sahira Z, A., Rahmadian, L., Siska, H., Zaki, A., Sari, D. N., Sari, D. N., Wahyuni, W., Lestari, A. S., Lizikri, M. A., Zahhara, N., Wahyuni, D. S., & Afrilianto, D. (2021). Segenggam Mozaik Untuk Masyarakat (Dr. S. Zakir, Ed.). Zahir Publishing.
Dajani, D., & Hegleh, A. S. A. (2019). Behavior Intention of Animation Usage Among University Students. Heliyon, 5(10), e02536. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2019.e02536
Kumala, F. N., Ghufron, A., Astuti, P. P., Crismonika, M., Hudha, M. N., & Nita, C. I. R. (2021). MDLC Model For Developing Multimedia E-Learning On Energy Concept For Primary School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1869(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1869/1/012068
Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis Dan Bauran Pemasaran PT. INTERCOM MOBILINDO PADANG. Jurnal Pundi, 01(01), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.31575/jp.v1i1.9
Pratama, I. G. N. A. E. Y. (2021). Analisis Kriminologi Terhadap Kejahatan Perjudian Online di Wilayah Hukum Kepolisian Daerah Bali. Kerta Dyatmika: Jurnal Ilmiah Fakultas Hukum Universitas Dwijendra, 18(2), 20–32. https://doi.org/https://doi.org/10.46650/kd.18.2.1200.20-32
Purnawinata, D. T. (2021). Aspek Hukum Pidana Dalam Perjudian Secara Online. Solusi, 19(2), 252–271. https://doi.org/https://doi.org/10.36546/solusi.v19i2.356
Saputra, P. W., & Gunawan, I. G. D. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Dalam Upaya Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Di Masa Covid-19 (Vol. 3). https://doi.org/https://doi.org/10.33363/sn.v0i3.94
Simon, K., Mulyono, A., Iskandar, H., Pratama, F. H., Astuti, D. W., & Aulia, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan dan Pengembangan Karir Terhadap Niat untuk Tinggal dengan Keterikatan Kerja sebagai Intervening. MASTER: Jurnal Manajemen Strategik Kewirausahaan, 1(1), 37–46. https://doi.org/10.37366/master.v1i1.135
Tanuwijaya, N. P., & Wibowo, T. (2020). Perancangan Video Animasi 2 Dimensi Cerita Rakyat Malin Kundang dengan Aplikasi Toon Boom Harmony. Journal of Information System and Technology, 01(02), 124–145. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37253/joint.v1i2.4316
Wahyuni, N. L. D. A., Sugihartini, N., & Sindu, I. G. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi 2D Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Di SMA Negeri 1 Sawan. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(2), 111–112. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i2.31391u
Published
2023-11-22
Abstract viewed = 43 times
PDF downloaded = 24 times