Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Video Interaktif Pada Anak SMP Menggunakan Metode 4D

  • Fredian Simanjuntak Universitas Internasional Batam
  • Stanley Christianus Universitas Internasional Batam

Abstract

Pada era teknologi saat ini, sudah banyak video interaktif yang digunakan untuk media pembelajaran. Video interaktif memungkinkan penonton untuk berinteraksi dengan video dimana akan membuat penonton lebih memperhatikan serta terasa berinteraksi langsung dengan video.  Oleh karena itu, penulis akan mengembangkan video interaktif mengenai layang-layang. Penulis akan menguji dan mengumpulkan data melalui angket yang akan dibagikan ke 60 murid kelas VIII SMP. Metode yang diterapkan adalah metode 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) namun penulis hanya menggunakan define, design, dan develop. Penulis akan menampilkan video kepada siswa dan siswa akan mengisi angket yang akan dibagikan. Hasil respon siswa mendapatkan 71,5% respon positif, dimana hal ini membuktikan bahwa media pembelajaran video interaktif berhasil.

References

Agnesti, Y., & Amelia, R. (2021). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 311–320.
Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar [Development of Video-Based Interactive Learning Multimedia to Increase Learning Interest of Elementary School Students]. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327.
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif Dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59–69.
Mawaddah, A. W. Al, Hidayat, M. T., Amin, S. M., & Hartatik, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3109–3116.
Mukti, R. N., & Firmansyah. (2022). Hubungan antara Pesan Persuasif dengan Sikap Followers di Media Sosial. Bandung Conference Series: Journalism, 2(2), 76–82. https://doi.org/10.29313/bcsj.v2i2.4156
Ramadhina, C. F., & Pusputasari, I. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Pengajaran Bahasa Inggris Melalui Video YouTube. Prosiding Seminar Nasional Sastra, Lingua, Dan Pembelajarannya (Salinga), 658–663.
Sentoso, E. (2021). Pengembangan Media Belajar Film Dokumen Interaktif Dalam Peningkatan Stimulus Peserta Didik Sekolah Meengah Kejuruan Negeri 1 Probolinggo. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 7(2), 208–221.
Setiadi, T., Siswanto, E., & Darmawan, M. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Film 2 Dimensi Dengan Mengunakan Metode Frame By Frame. 2(1), 25–32.
Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif Berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74.
Winarni, S., Kumalasari, A., Marlina, & Rohati. (2021). Efektivitas Video Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi dan Digital Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 0(2), 574–583.
Published
2024-01-31
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 7 times