Perancangan Video Animasi 2D Mengenai Standar Kecantikan Dari Berbagai Perspektif Dengan Menggunakan Metode MDLC

  • Lenda Lenda Univesitas Internasonal Batam
  • Indasari Deu Universitas Internasional Batam

Abstract

Dengan munculnya standar kecantikan pada daerah tertentu, perempuan akan mengeluarkan uang dan waktu untuk menyesuaikan diri mengikuti standar kecantikan yang berlaku. Hal tersebut menyebabkan perempuan - perempuan yang tidak memenuhi standar kecantikan tersebut memiliki rasa tidak nyaman dan munculnya insecurity. Selain itu juga memicu munculnya rasa keinginan yang berlebihan pada seorang perempuan terhadap kecantikan seperti toxic beauty. Oleh karena itu, penulis merancang sebuah video animasi 2 dimensi yang mengangkat topik mengenai standar kecantikan. Penulis akan melakukan pengumpulan data secara kualitatif dengan wawancara terhadap 25 narasumber perempuan di Kota Batam. Setelah data berhasil dikumpulkan, penulis akan membuat animasi dengan menggunakan aplikasi bernama procreate dan melakukan pengeditan setiap scene animasi dengan menggunakan Adobe Premiere Pro 2021. Hasil dari penelitian ini ialah sebuah video animasi 2 dimensi yang berdurasi 3 menit dan bertema tentang standar kecantikan. Video animasi tersebut telah dipublikasikan dan diharapkan pesan yang ingin disampaikan oleh penulis dapat diterima oleh para penonton.

Kata Kunci: Standar Kecantikan, Video Animasi, Kualitatif

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif, Syakir Media Press.
Achsani, V., & Wibowo, A. A. (2021). Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Makna Body Positivity Pada Video Klip “Tutur Batin” Karya Yura Yunita. Communications, 4(2), 174–185.
Andriani, M., Sianipar, G., Marzuqo, K., Alhazmi, S., & Nurhasnawati. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 pada Materi Kubus dan Balok. Journal of Primary Education, 5(2), 188–204.
Damopolii, V., Bito, N., & Resmawan, R. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 1(2), 74–85. https://doi.org/10.15408/ajme.v1i2.14069
Dharmawan, A. P., Sudaryat, Y., & Afif, R. T. (2023). Perancangan Storyboard Untuk Animasi 2D Bahaya Limbah Plastik Sebagai Media Edukasi Lingkungan Bagi Remaja Di Kota Depok. E-Proceeding of Art & Design, 10(2), 2798.
Eryc, & Whang, E. (2022). Perancangan Dan Implementasi Video Animasi Media Pembelajaran Di SMA Kartini Menggunakan Adobe Animate. 4, 1102–1106.
Farida, C., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1521
Islamey, G. R. (2020). Wacana Standar Kecantikan Perempuan Indonesia pada Sampul Majalah Femina. Jurnal PIKMA, 2(2), 110–119.
Muhajir, Septiana, I., & Ripai, A. (2022). Pelatihan Pembuatan Storyboard Sebagai Upaya Pengenalan Potensi Desa Ladoh. 3(1), 398–405.
Nurhadi, Z. F., Mujianto, H., Bratadiredja, M. F., & Gustiandi, S. S. (2023). Pengalaman Komunikasi Inner Beauty Bagi Mahasiswa. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 5(1), 6–20.
Pratama, J., & Vebrianto, R. (2022). Perancangan Dan Implementasi Media Pembelajaran Kimia Berbentuk Animasi 2d Di SMA Kartini Batam Menggunakan Metode MDLC. Prosiding National Conference For Community Service, 4.
Pujawan, K. A. H. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Multimedia I (Design Grafis) Di Politeknik Ganesha Guru. Journal of Education Technology, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810
Rico, & Sapitri, R. (2022). Mendesain Wayfinding Jembatan Laluan Madani Batam Center. 01(01), 53–57.
Safitri, N., Sari, W., Prihartini, N., & Wijaya, V. (2020). Pembuatan Film Animasi 2 Dimensi “Eksplorasi Tradisi Antar Ajong” Di Kabupaten Sambas. Jurnal Informatika Progres, 15(2), 16–27.
Sakinah Rahmah, M., & Handini Listyani, R. (2020). Praktik Kecantikan Perempuan Perkotaan. UNESA, 4(1), 88–100.
Salwa, H. I., & Atmaka, D. R. (2023). Studi Literatur : Hubungan Fat Talk Dengan Body Dissatisfaction Pada Kelompok Remaja Putri Dan Wanita Dewasa Awal. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(3), 839–848.
Sebastian, D., Cofriyanti, E., Putra, R. R., Informatika, T., Digital, M., Komputer, T., Sriwijaya, P. N., & Negara, J. S. (2022). Implementasi Animasi Motion Graphic Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Pemrograman Berorientasi Objek. 2(1), 172–180.
Sekarwening, N. (2021). Analisis Isi: Dampak Standar Kecantikan Pada Film Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan. 05(01), 2656–5706.
Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Zoom Meeting terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1129
Suryani, R., Saputra, H., & Sutrisman, A. (2019). Implementasi Animasi 2D pada Iklan Layanan Masyarakat sebagai Sosialisasi Penyakit DBD. Rekam, 15(2), 153–166. https://doi.org/10.24821/rekam.v15i2.3330
The, K., & Novianty, A. (2022). Hubungan antara Pembicaraan Tubuh dengan Ketidakpuasan Bentuk Tubuh pada Remaja Pengguna Media Sosial The Relationship between Body Talk and Body Dissatisfaction in Adolescent Social Media Users Remaja adalah masa peralihan anak-anak menjadi dewasa ( Case. 13(3), 307–325.
Triani, A. W., & Tjahjono, T. (2023). Mitos Kecantikan Dalam Kumpulan Cerita Kitab Kawin Karya Laksmi Pamuntjak (Kajian Feminisme Liberal Naomi Wolf). Jurnal Bapala, 10, 71–83.
Ulva, S. M., Hamer, W., Ayyuhda, C., & Nurlatifah, L. (2021). Interpretasi Makna Cantik di Kalangan Mahasiswa dalam Persfektif Fenomenologi Sosial. SETARA: Jurnal Studi Gender Dan Anak, 3(2), 12–23.
Yasa, N. P. D., & Anggara, I. G. A. S. (2022). Teknik Animasi Frame by Frame pada Karakter Ikan Badut dalam “Game Edukasi: Petualangan Ikan Badut.” Jurnal Desain, 9(2), 244. https://doi.org/10.30998/jd.v9i2.11482
Zamsuri, A., Suandi, F., & Novendra, R. (2019). Penerapan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Multimedia : Studi Kasus Videografi. Jurnal Intra Tech, 3(2), 54–59.
Published
2024-01-30
Abstract viewed = 28 times
PDF downloaded = 35 times