Sistem Rekomendasi Content-Based Filtering Skincare Pria Di E-Commerce Shopee

  • Ananto Dwi Saputro Universitas Stikubank Semarang
  • Fatkhul Amin Universitas Stikubank Semarang

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membuat suatu sistem yang memudahkan pengguna dalam membeli skincare face wash pria di e-commerce shopee. Permasalahan yang seringkali dialami oleh pengguna yaitu mereka ingin mengganti produk yang biasa mereka pakai dengan produk baru, tetapi mereka bingung untuk mencari produk yang sesuai. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibuatlah sistem rekomendasi ini dibuat menggunakan metode Content-based Filtering dengan  algoritma TF-IDF dan cosine similarity. Metode Content-based Filtering ini tidak membutuhkan ulasan ataupun pendapat orang lain dalam menentukan hasil rekomendasi. Algoritma TF-IDF digunakan untuk melakukan pembobotan kata dan cosine similarity untuk mencari tingkat kemiripan setiap kata yang sudah dibobot. Metode pengambilan data yang digunakan yaitu data primer dengan mencari produk skincare face wash pria secara langsung di e-commerce shopee dan data sekunder dengan membaca jurnal-jurnal penelitian terkait. Uji coba sistem rekomendasi ini dilakukan secara langsung oleh peneliti dengan menggunakan produk face wash yang dipakai sebelumnya oleh peneliti. Cara kerja sistem yaitu melakukan input produk skincare face wash yang akan dibandingkan, dalam hal ini peneliti menggunakan 15 produk dari berbagai macam produk yang berbeda. Hasil yang didapat dirangking dari yang memiliki tingkat similaritas paling tinggi hingga yang memiliki tingkat similaritas yang paling rendah.

References

Alkaff, M., Khatimi, H., & Eriadi, A. (2020). Sistem Rekomendasi Buku pada Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Menggunakan Metode Content-Based Filtering. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(1), 193–202.
Astungkoro, F. P., Kartika Dewi, R., & Brata, K. C. (2019). Sistem Rekomendasi Lapangan Futsal berbasis Android dengan Metode TOPSIS (Vol. 3, Issue 9).
Fajriansyah, M., Adikara, P. P., & Widodo, A. W. (2021). Sistem Rekomendasi Film Menggunakan Content Based Filtering. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(6), 2188-2199.
Huda, A. A., Fajarudin, R., & Hadinegoro, A. (2022). Sistem Rekomendasi Content-based Filtering Menggunakan TF-IDF Vector Similarity Untuk Rekomendasi Artikel Berita. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(3).
Jaja, V. L., Susanto, B., & Sasongko, L. R. (2020). Penerapan Metode Item-Based Collaborative Filtering Untuk Sistem Rekomendasi Data MovieLens. d'CARTESIAN: Jurnal Matematika dan Aplikasi, 78-83.
Larasati, F. B. A., & Februariyanti, H. (2021). Sistem Rekomendasi Product Emina Cosmetics Dengan Menggunakan Metode Content-Based Filtering. Jurnal Manajemen Informatika Dan Sistem Informasi, 4(1), 45-54.
Masdalena, A., Dalimunthe, R. A., & Saputra, E. (2022). Implementasi Metode Analytical Hierarchy Process Pada Sistem Pendukung Keputusan Rekomendasi Ikan Budidaya Berbasis Web. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(2).
Muliawan, A., Badriyah, T., & Syarif, I. (2022). Membangun Sistem Rekomendasi Hotel dengan Content Based Filtering Menggunakan K-Nearest Neighbor dan Haversine Formula. Technomedia Journal, 7(2 October), 231-247.
Putri, N. I., Herdiana, Y., & Munawar, Z. (2021). Sistem Rekomendasi Hibrid Pemilihan Mobil Berdasarkan Profil Pengguna dan Profil Barang. TEMATIK, 8(1), 56-68.
Ratna Sari, K., Suharso, W., & Azhar, Y. (2020). Pembuatan Sistem Rekomendasi Film dengan Menggunakan Metode Item Based Collaborative Filtering pada Apache Mahout. REPOSITOR, 2(6), 767–774.
Sipayung, E. M., Fiarni, C. F., & Sutopo, S. (2021). Sistem Rekomendasi Tempat Kost di Sekitar Kampus ITHB Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 7(2), 52–60.
Syah, R. D. (2020). Performa Algoritma User K-Nearest Neighbors pada Sistem Rekomendasi di Tokopedia. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5(3), 302-306.
Yoshua, I., Bunyamin, H., & Si, S. (2021). Pengimplementasian Sistem Rekomendasi Musik Dengan Metode Collaborative Filtering (Vol. 3)
Published
2024-01-30
Abstract viewed = 49 times
PDF downloaded = 38 times