Perancangan Ulang Aplikasi Aduan Layanan TI Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking
Abstract
Tuleap adalah website yang besifat open source untuk menyediakan aduan layanan TI bagi internal perusahaan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang. Namun, hasil wawancara yang diperoleh bahwa situs ini memiliki beberapa kekurangan seperti sulit digunakan karena terlalu banyak perpindahan halaman website dalam melakukan proses pengaduan serta terdapat beberapa fitur yang kurang informatif. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki desain pada pada website tersebut dan membuat prototype berbentuk aplikasi mobile. Metode design thinking digunakan pada penelitian ini. Desing thinking dianggap metode yang cocok karena berfokus pada kebutuhan user. Ada beberapa tahap yang dilakukan peneliti pada saat menggunakan metode ini yang meliputi empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Tahap terakhir pada metode ini yaitu testing, peneliti menggunakan metode Single Easy Question dengan memperoleh skor rata-rata 6,49 yang artinya aplikasi Aduan Layanan TI memberikan kemudahan terhadap pengguna internal perusahaan dalam menyampaikan aduan mengenai insiden teknologi informasi.
References
Fahrudin, R., & Ilyasa, R. (2021). Perancangan Aplikasi" Nugas" Menggunakan Metode Design Thinking dan Agile Development. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 8(1), 35–44.
Haque, M., & Indah, D. R. (2022). Design of Digital Library Prototype Using The Design Thinking Method. Jurnal Riset Informatika, 5(1), 7–14.
Herfandi, H., Yuliadi, Y., Zaen, M. T. A., Hamdani, F., & Safira, A. M. (2022). Penerapan Metode Design Thinking Dalam Pengembangan UI dan UX. Building of Informatics, Technology and Science (BITS), 4(1), 337–344.
Ibrahim, A. A.-Z., & Lestari, I. (2023). Perancangan UI/UX Pada Website Rumah Tahfidz Akhwat Menggunakan Metode Design Thinking. Teknika, 12(2), 96–105.
Ilham, H., Wijayanto, B., & Rahayu, S. P. (2021). Analysis and Design of User Interface/User Experience With the Design Thinking Method in the Academic Information System of Jenderal Soedirman University. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 2(1), 17–26.
Karnawan, G., Andryana, S., & Komalasari, R. T. (2020). Implementation of User Experience Using the Design Thinking Method in Prototype Cleanstic Applications. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika (JTMI), 6(1), 10–17.
Krishnavarty, A. A., Defriani, M., & Hermanto, T. I. (2022). UI/UX Design for Language Learning Mobile Application Chob Learn Thai Using the Design Thinking Method. Sinkron: Jurnal Dan Penelitian Teknik Informatika, 7(3), 1044–1053.
Maulidya, N. F. H., Tolle, H., & Rokhmawati, R. I. (2021). Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Survei Online Berbayar Antar Mahasiswa berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(8), 3356–3366.
Mursyidah, A., Aknuranda, I., & Az-Zahra, H. M. (2019). Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Prosedur Pelayanan Umum Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(4), 3931–3938.
Putra, I. M., & Indah, D. R. (2023). Implementasi Metode Design Thinking Dalam Aplikasi Giwang Sumsel. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 3(6), 688–697.
Rusanty, D. A., Tolle, H., & Fanani, L. (2019). Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Lelenesia (Marketplace Penjualan Lele) Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(11), 10484–10493.
Setiyani, L., & Tjandra, E. (2022). UI/UX Design Model for Student Complaint Handling Application Using Design Thinking Method (Case Study: STMIK Rosma Karawang). International Journal of Science, Technology & Management, 3(3), 690–702.
Soegaard, M. (2020a). The Basics of User Experience Design By Interaction Design Foundation. Basics User Exp. Des, 21–27.
Soegaard, M. (2020b). The Basics of User Experience Design By Interaction Design Foundation. Basics User Exp. Des, 21–27.
Subarjah, V. A., & Wahyu, A. P. (2022). Analysis and Design of User Interface and User Experience of Regional Tax Enterprise Resources Planning System with Design Thinking Method. Inform: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(2), 96–106.
Tazkiyah, S., & Arifin, A. (2022). Perancangan UI/UX pada Website Laboratorium Energy menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Teknologi Terpadu, 8(2), 72–78.
Wardana, F. C., & Prismana, I. G. L. P. E. (2022). Perancangan Ulang UI & UX Menggunakan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Siakadu Mahasiswa Berbasis Mobile. Journal of Emerging Information System and Business Intelligence (JEISBI), 3(4), 1–11.
Wetzlinger, W., Auinger, A., & Dörflinger, M. (2014). Comparing effectiveness, efficiency, ease of use, usability and user experience when using tablets and laptops. Design, User Experience, and Usability. Theories, Methods, and Tools for Designing the User Experience: Third International Conference, DUXU 2014, Held as Part of HCI International 2014, Heraklion, Crete, Greece, June 22-27, 2014, Proceedings, Part I 3, 402–412.
Widiatmoko, D. T., & Utami, B. S. (2022). Perancangan UI/UX Purwarupa Aplikasi Penentu Kualitas Benih Bunga Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus PT Selektani). AITI, 19(1), 120–136.
Copyright (c) 2023 Moses Rinaldy, Dwi Rosa Indah, Anna Dwi Marjusalinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.