Aplikasi Mobile Augmented Reality Sebagai Media Pemasaran Rumah Dan Properti

  • Shally Nuurilhuda Kahfi Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Yuli Asriningtias Universitas Teknologi Yogyakarta

Abstract

Pemahaman yang baik pada calon pembeli perlu dilakukan para pihak pemasaran pengembang perumahan agar produk yang dijual sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan pelanggan dapat lebih yakin untuk memiliki produk rumah yang ditawarkan. Sistem aplikasi ini dapat disajikan keterangan produk secara detail hingga memvisualisasikan model objek 3D produk rumah hanya dengan menggunakan teknologi smartphone. Metode pada sistem aplikasi augmented reality ini merupakan markerless atau berbasis penanda khusus untuk menampilkan objek. Cara mengoperasikan aplikasi dapat dilakukan dengan memilih menu model rumah untuk menentukan produk yang ingin direpresentasikan, lalu pilih menu scan untuk mendeteksi sebuah penanda khusus dalam bentuk 2D agar memicu objek 3D untuk muncul pada permukaan penanda tersebut. Dengan menggunakan teknologi tersebut dinilai lebih efektif karena mampu menampilkan produk lebih ringkas. Selain itu, edukasi produk rumah ini dinilai lebih efisien karena customer dapat berinteraksi secara mandiri tanpa didampingi oleh penjual yang bertugas.

References

Ababil, Y., & Tianti, L. (2023). Jurnal ITCC (Information Technology and Cyber Crime) Rancang Bangun Aplikasi Promosi Penjualan Hp Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal ITCC, 2(1), 2964–755.
Asry, A. I. (2019). Penerapan Augmented Reality dengan Metode Marker Based Tracking pada maket rumah virtual. Ainet : Jurnal Informatika, 1(2), 52–58. https://doi.org/10.26618/ainet.v1i2.2294
Published
2023-12-14
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 11 times