Analisis Manajemen Layanan Akademik Menggunakan Framework ITIL V3 Pada Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Pgri Silampari

  • Tata Sutabri Universitas Bina Darma Palembang
  • Dwi Oetari Universitas Bina Darma

Abstract

Pada era sekarang ini kemajuan Teknologi Informasi (TI) berkembang menjadi sangat pesat. Banyak pihak yang memanfaatkan perkembangan TI untuk membantu proses pekerjaan yang mereka miliki. Salah satunya adalah Fakultas Sains & Teknologi Universitas PGRI Silampari kota Lubuklinggau yang telah menerapkan teknologi informasi dalam proses operasional manajemen akademiknya dengan menggunakan Framework ITIL V3 bertujuan untuk memberikan pelayanan yang maksimal. Oleh karena itu, Fakultas Sains & Teknologi di Universitas PGRI Silampari harus mampu melaksanakan pemantauan dan evaluasi dari sistem tersebut dengan maksimal. Untuk mengetahui apakah teknologi informasi yang digunakan bekerja secara maksimal maka diperlukan framework yang dapat membantu pengelolaan layanan TI Universitas PGRI Silampari telah dikembangkan dengan cukup baik. Namun, beberapa kendala masih ditemukan dalam penerapannya. Kurangnya pemahaman SDM pada sistem yang telah digunakan. Penelitian ini menggunakan framework ITIL V3 dengan domain service operation yang berfokus pada layanan teknologi informasi dengan melakukan survey pengambilan data pada Fakultas Sains & Teknologi Universitas PGRI Silampari dengan obervasi wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa rekomendasi seperti dilakukannya pelatihan penggunaan sistem secara berkala oleh ahli pada bidang IT. Sehingga permasalahan yang terjadi dapat diatasi dengan cepat dengan tidak mengganggu aktivitas yang lainnya.

References

A. Cartlidge, A. Hanna, C. Rudd, I. Macfarlane, J. Windebank, and S. Rance, The IT Infrastructure Library An Introductory Overview of ITIL V3 Version 1.0. 2007.
Febianto, Abdul Jabbar., Ari Primanedi, Diah Ayu Retnani & Ibrahim Syawie. 2011. ITIL (Information Technology Infrastructure Library) Framework.
L. Soumeru, Y. Rahardja, and A. F. Wijaya, “Analisis Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework ITIL V3 Domain Service Operation (Studi Kasus: PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Semarang),” Artik. Ilm. Univ. Kristen Satya Wacana, 2016.
Mukaromah, S., Riesta, A. M., Prasetyo, C. L., Safitri, E. M., Kusumantara, P. M., Putra, A. B., ... & Faroqi, A. (2022, October). Alignment of Business Goals With IT Goals By Measuring The Level of Capability Using Cobit 5. In 2022 IEEE 8th Information Technology International Seminar (ITIS) (pp. 354-358). IEEE.
Nurdin, A., & Lubis, M. (2023). The IT Governance Measurement using Cobit 5 Framework in Quality Assurance Department. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak, 5(1), 80-88.
Puspadini, Y. (2023). Development of Contract Management SOP with it Service Providers Supplier Based on the Framework Cobit 5 and ITIL V3 Hospital Case Study Dr Ramelan Navy. Jurnal Manajemen Informatika Medicom (JMI), 11(1), 1-6.
Rusman, A., Nadlifatin, R., & Subriadi, A. P. (2022). Information System Audit Using COBIT and ITIL Framework: Literature Review. Sinkron: jurnal dan penelitian teknik informatika, 7(3), 799-810.
S. Hanief and I. W. Jefriana, “Framework Itil V3 Domain Service Operation Dalam Analisis Pengelolaan Teknologi Blended Learning,” J. Teknol. Inf. dan Komput., vol. 4, no. 1, pp. 59–65, 2018, doi: 10.36002/jutik.v4i1.395.
Y. Priatama, A. Nugroho, and M. N. N. Sitokdana, “Evaluasi Tatakelola Teknologi Informasi Di Pd BprBank Bapas 69 Magelang Menggunakan Itil V3 Domain Service Strategy,” J. Mnemon., vol. 2, no. 1, pp.28–34, 2019, doi: 10.36040/mnemonic.v2i1.48.
Published
2023-12-14
Abstract viewed = 9 times
PDF downloaded = 8 times