Sistem Informasi Pemesanan Makanan Dan Minuman Berbasis Qr Code Pada Brotherhood Coffee Co Pati

  • Firstya Putra Pratama Universitas Stikubank Semarang
  • Teguh Khristianto Universitas Stikubank Semarang

Abstract

Dalam peningkatan kualitas layanan di cafe dapat dilakukan dengan peningkatan kecepatan layanan. Kecepatan layanan sangat dipengaruhi oleh dua proses yaitu proses pemesanan dan proses penyajian. Secara umum sistem layanan pada cafe adalah pelayan melayani pembeli untuk memilih menu makanan. Proses bisnis cafe Brotherhood yang sedang berjalan saat ini meliputi proses pemesanan makanan dan proses pembayaran. Proses Pemesanan Menu Makanan Proses ini dilakukan oleh dua actor yaitu pembeli dan kasir. Aplikasi   Sistem   Informasi   pemesanan   yangdihasilkan    mampu    mengelola    data    pemesanan    secara    terorgasisasi,    serta menghasilkan  laporan  yang  lengkap,  akurat  dan  selalu  aktual  untuk  setiap tingkatan manajemen.  Perancangan  sistemnya  menggunakan  PHP  (Personal  Home  Page)  dan rancangan  data basenya  menggunakan Xamp  Server. Dengan dibangunnya sistem informasi berbasis android menggunakan teknologi QR Code memudahkan pembeli tanpa harus mengantri lama di kasir, yaitu pembeli menggunakan scan barcode untuk melakukan pemesanan makanan dan dengan menginputkan nama dan nomor meja.

References

Adina Dwijayanti, P. P. (2021). Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19. Ikra-Ith Abdimas, 4(2), 68–73. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/982/772
Desember, V. N. (2017). Jurnal Teknologi Pelita Bangsa. 8(4).
Handoyo, E. D., Santoso, S., & Surjawan, D. J. (2022). Pengembangan Aplikasi Mobile Pemesanan dan Pembayaran Makanan Berbasis Cloud Storage. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(1), 161–174. https://doi.org/10.28932/jutisi.v8i1.4393
Harun, M. (2020). Evaluasi Kualitas Perangkat Lunak Pada Aplikasi Zoom Cloud Meetings Untuk Pembelajaran Elearning. Jurnal AKRAB JUARA, 5(3), 102–112.
Ismai. (2015). Perancangan Sistem E-Commerce Untuk Memperluas Pasar Produk Oleh-Oleh Khas Pontianak. Snastia, 2(4), 110–119.
Kusumah, R, Z. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Restoran Waroeng Taman Singosari di Semarang. Program Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro, 73.
Lestari, S., Fatonah, K., & Halim, A. (2022). Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta. Jurnal Basicedu, 5(6), 6426–6438. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1679
Nathanael, B. A., & Februariyanti, H. (2023). Analisa dan pengembangan sistem pembelajaran mahasiswa magang pada pt.poca jaringan solusi berbasis android analysis and development of student internasional learning system at pt.poca jaringan solusi based android. 6.
Neyfa, B. C., & Tamara, D. (1976). Special meeting of Council--private practice and juniors’ contract. Bmj, 1(6001), 107–109. https://doi.org/10.1136/bmj.1.6001.107
Tarantang, J., Awwaliyah, A., Astuti, M., & Munawaroh, M. (2019). Perkembangan Sistem Pembayaran Digital Pada Era Revolusi Industri 4.0 Di Indonesia. Jurnal Al-Qardh, 4(1), 60–75. https://doi.org/10.23971/jaq.v4i1.1442
Published
2024-01-30
Abstract viewed = 45 times
PDF downloaded = 17 times