Penerapan Metode SDLC (System Development Life Cycle) Waterfall Pada Perancangan Aplikasi Belanja Online Berbasis Android Pada CV Widi Agro
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah mengubah cara konsumen berbelanja, dan aplikasi belanja online menjadi salah satu solusi yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi belanja online berbasis Android untuk CV Widi Agro guna meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan dan mendukung pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.. CV Widi Agro bergerak di bidang penjualan kebutuhan dapur seperti lauk pauk dan sayur mayur yang diantar ke rumah-rumah pelanggan tanpa harus bersusah payah meluangkan waktu untuk berbelanja ke pasar.. Aplikasi belanja online berbasis android dibuat dengan menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle) waterfall. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu CV Widi Agro mendapatkan pelanggan baru dan mempunyai laporan untuk penjualan dan juga produk – produknya serta membuat pelanggannya puas dengan layanan yang lebih cepat dan mudah.
References
A. D. Riyanto and K. Ma’arif, “Aplikasi M– Commerce Berbasis Android pada Zona Komputer Banjarnegara,” Telematika, vol. 9, no. 1, pp. 67–77, 2016.
A. P. Kusuma and K. A. Prasetya, “Perancangan dan Implementasi E-Commerce untuk Penjualan Baju Online Berbasis Android,” Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, vol. 11, no. 1, pp. 1– 11, 2017.
A. Setiyadi and T. Harihayati, “Penerapan SQLite pada Aplikasi Pengaturan Waktu Ujian dan Presentasi,” Majalah Ilmiah UNIKOM, vol. 13, no. 2, 2015.
F. R. Lupi and N. Nurdin, “Analisis Strategi Pemasaran dan Penjualan E-Commerce pada Tokopedia.com,” Jurnal Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 2016.
I. N. Rachmawati, “Pengumpulan Data dalam Penelitian Kualitatif: Wawancara,” Jurnal Keperawatan Indonesia, vol. 11, no. 1, pp. 35–40, 2007.
I. Rivai, “Aplikasi Toko Online (E-Commerce) Berbasis PHP.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, 2016.
L. Tommy, C. Kirana, and V. Lindawati, “Recommender System dengan Kombinasi Apriori dan Content-Based Filtering pada Aplikasi Pemesanan Produk,” Jurnal Teknoinfo, vol. 13, no. 2, p. 84, 2019.
M. Ichwan and F. Hakiky, “Pengukuran Kinerja Goodreads Application Programming Interface (API) pada Aplikasi Mobile Android (Studi Kasus Untuk Pencarian Data Buku),” Informatika, vol. 2, no. 2, pp. 13–21, 2011.
M. Mulyadi, “Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya,” Jurnal Studi Komunikasi dan Media, vol. 15, no. 1, p. 128, 2013.
Marjito and G. Tesaria, “Aplikasi Penjualan Online Berbasis Android (Studi Kasus : Toko Hoax Merch),” Computech & Bisnis, vol. 10, no. 1, pp. 40–49, 2016.
Minarni and Susanti, “Sistem Informasi Inventory Obat Pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang,” Jurnal Momentum, vol. 16, no. 1, pp. 103–111, 2014.
Tata Sutabri, “Sistem Informasi Manajemen,” Andi Offset, 2005.
W. Gunawan, E. Nuryani, and M. Prasetya, “Perancangan Aplikasi Android Penjualan Barang dan Jasa Berbasis E-Commerce pada Pixels Computer Cilegon Banten,” Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, vol. 2, no. 1, pp. 51–65, 2018.
Y. Bassil, “A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle,” International Journal of Engineering and Technology, vol. 2, no. 5, pp. 742–749, 2012.
Z. A. Tyas, “Implementasi E-Commerce untuk Ozone Distro,” PS TI FMIPA Universitas Diponegoro, 2011.
Copyright (c) 2023 Bangga Surya Nagara, Dwi Oetari, Zelika Apriliani, Tata Sutabri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.