Penerapan Aplikasi Product Delivery Scan System Pada Proses Pengiriman Produk Di PT. ABCD

teknik informatika

  • Kiki Setiawan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK LIKMI)
  • Antonius Alijoyo Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK LIKMI)

Abstract

Saat ini pemutakhiran teknologi pada bidang manufaktur berkembang dengan pesat dan telah menjadi kebutuhan utama dalam rangka meningkatkan kinerja dan atau mempermudah suatu aktifitas di sebuah perusahaan atau instansi. Keberadaan teknologi sangat bermanfaat, karena setiap proses yang dilakukan secara manual atau dengan menggunakan kertas / paper sheet dapat digantikan dengan menggunakan sebuah teknologi / aplikasi, agar prosesnya dapat dilakukan dengan cepat, akurat dan pengerjaannya dapat lebih efektif dan efisien. Permasalahan yang dihadapi oleh sebuah perusahaan adalah banyaknya produk yang perlu dilakukan verifikasi secara manual sebelum dilakukan pengiriman ke pelanggan baik di Indonesia dan di luar negeri. Agar produk yang dikirim dapat dilakukan penelusuran serta meminimalisasi kesalahan pengiriman tipe / size produk serta kesalahan jumlah produk, diperlukan sebuah sistem yang bisa merekam barcode yang terdapat pada setiap produk yang selanjutnya dilakukan verifikasi dan konfirmasi terhadap jumlah, size / tipe produk serta data tersebut dapat direkam dan bisa diakses kapanpun untuk dilakukan penelusuran. Penelitian ini dilakukan dengan cara konfirmasi ke perusahaan secara langsung, wawancara, serta pengambilan data melalui dokumen atau rekaman, cetak maupun elektronik dari perusahaan yang berkaitan dengan penelitian. Hasil analisa akan digunakan sebagai masukan dalam penerapan pada aplikasi sistem yang diusulkan. Hasil studi menunjukkan bahwa penerapan aplikasi ini secara signifikan meningkatkan akurasi pengiriman, mengurangi kesalahan pengiriman, dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Oleh karena itu, studi ini menyediakan pandangan penting tentang manfaat teknologi dalam cakupan pengiriman produk ke pelanggan.

Author Biography

Antonius Alijoyo, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer (STMIK LIKMI)

Dosen Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer 

References

Abhilash C.R, Jitesh J. Thakkar. (2019). Application of Six Sigma DMAIC Metholodogy to Reduce The Defects In A Telecommunication Cabinet Door Manufacturing Process.
Arief Suwandi, Mabruriali. (2020). Minimasi Defect Ban Sepeda Motor Dengan Metode Six Sigma Di PT. XYZ.
Aziz, L. A., Maliah, & Puspita, S. (2022). Pengaruh Sistem Kerja Dan Prosedur Kerja Terhadap Tingkat Produktivitas Pegawai Dinas Kesehatan Empat Lawang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, ISSN 16934091 19 (1), 164–171.
Barsalou, M. A. (2015). Root Cause Analysis A Step-By-Step Guide to Using the Right Tool at the Right Time. CRC Press.
Bonar Harahap, Luthfi Parindu dan An Ama Lailan Fitria. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Six Sigma.
Dr. Antonious Alijoyo (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Maturitas Manajemen Risiko Organisasi Di Indonesia. ISSN 0853-0610, E-ISSN 2442-675X.
Dr. Antonious Alijoyo (2019). Faktor Yang Mempengaruhi Maturitas Manajemen Risiko Organisasi Di Indonesia. ISSN 0853-0610, E-ISSN 2442-675X.
Garside, A. K., & Rahmasari, D. (2017). Manajemen Logistik. Universitas Muhammadiyah Malang.
Haryono Didi, & Irwan. (2015). Pengendalian Kualitas Statistik. Alfabeta.
Hayati, D. (2020). Analisa Ketidaksesuaian pada Proses Pengiriman Produk Door Trim PT XYZ. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Industri dan Rantai Pasok, ISSN 2797-9539 Vol 1.
Hendrawan, D. (2012). Analisa Faktor-Faktor yang Menyebabkan Kesalahan Pengiriman Barang dari Gudang Studi Kasis PT. Niro Ceramic Sales Indonesia. Jurnal MIX, ISSN 2656-3169 Vol III No 1 Hal 82-93. Kurniawati, O. (2021). Manajemen Komplain Pelanggan (Studi Internal Perusahaan Telekomunikasi).
Hermanto, Elfitria Wiratmani. (2019). Analisis Reject Gagal Curing Valve Terjepit Pada Produk Ban Luar PT. Surabaya Rubberindo Industries Dengan Metode Six Sigma.
Ismi Wulandari, Merita Bernik. Penerapan Metode Pengendalian Kualitas Six sigma Pada Heyjacker Company.
K. Soundararajan (2019). Cost-reduction and quality improvement using DMAIC in the SMEs. ISSN 1741-0401.
Kusuma, Y., Hidayat, R., Budiarti, Y. (2020). Sistem Informasi Inventory Menggunakan QR Code Dengan Metode Prototype. Jurnal REMIK, ISSN 2541-1130 Vol 5, 1
Lee, N., Heuvel, V., Lorenzo, D., Jackson, L., Hanson, W., Rooney, J., & Walker, D. (2008). Root cause analysis handbook: a guide to efficient and effective incident investigation, third edition. Rothstein Associates Inc.
Mindhayani, I., & Purnomo, H. (2019). Perbaikan Sistem Kerja Untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan. Jurnal PASTI, ISSN 2085-5869 X(1), 98–107.
Miranda, & Tunggal, A. W. (2006). Manajemen Logistik dan Supply Chain Management. Harvarindo.
Nailul Izzah, Muhammad Fahrur Rozi. (2019). Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Metode Six Sigma DMAIC dalam Upaya Mengurangi Kecacatan Produk Rebana Pada UKM Alfiya Rebana Gresik.
Narottam Yadaf, Kaliyan Mathiyazhagan, Krishna Kumar. (2019). Application of Six Sigma to Minimize The Defects In Glass Manufacturing Industry.
Octavia, T., Prajogo, D. I., & Prabudy, L. M. (2020). Studi Tentang Peta Kendali p yang Distandarisasi Untuk Proses Pendek Kualitas, ISSN2621-6426 53–64. Retrieved from http://puslit.petra.ac.id/journals/industrial. Purnomo, H. (2004). Perencanaan dan Perancangan fasilitas (Pertama). Graha Ilmu.
P. Jirasukprasert (2015). A six sigma and dmaic application for the reduction of defects in a rubber gloves manufacturing process. ISSN 2040-4166.
Putra, E., Primayani Q. (2022). Perancangan Aplikasi Inventory Barang Dengan QR Code Berbasis Android Pada Minimarket. Jurnal FASILKOM, ISSN 2089-3353 XII, 160–164.
S.K. Gandhi (2019). Reduction of rejection of cylinder blocks in a casting unit: A six sigma DMAIC perspective. ISSN 2371-8366.
Sugih Sudharma Tjandra, Nikon, Hanky Fransiscus. (2018). Penerapan Metode Six Sigma DMAIC Untuk Mengurangi Cacat Pakaian 514.
Sutalaksana, Iftikar, Z. (2006). Teknik Perancangan sistem kerja. Penerbit ITB.
V. Swarnakar (2016). Deploying Lean Six Sigma framework in an automotive component manufacturing organization. ISSN 2040-4166.
V.M. Sunder (2016). Lean six sigma project management - A stakeholder management perspective. ISSN 1754-2731.
Warman, J. (1995). Manajemen Pergudangan (57th ed.). Lembaga Pendidikan Pembinaan Manajemen.
Zadry, H. R., Susanti, E. L., Yuliandra, B., Jumeno, D., Dicetak, M. T., & Diterbitkan, D. (2015). Analisa dan Perancangan Sistem Kerja.
Published
2024-01-30
Abstract viewed = 3 times
PDF downloaded = 2 times