Sistem Pendukung Keputusan Pembelian Laptop Gaming Dengan Metode AHP dan TOPSIS

  • Jeffrey Christianto Universitas Stikubank Semarang
  • Rina Candra Noor Santi Universitas Stikubank Semarang

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu cepat terutama dalam bidang digital, memberi pengaruh yang sangat besar pada perkembangan fitur dan spesifikasi laptop saat ini. Dengan perkembangan fitur dan spesifikasi yang semakin beragam, sering kali membuat pengguna kebingungan didalam memilih membeli laptop gaming yang sesuai dengan yang dibutuhkan pengguna. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk membuat sebuah sistem pendukung keputusan membantu pengguna dalam memilih laptop yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan menggunakan Laptop Gaming Dengan Metode Metode Ahp Dan Topsis. Jenis data yang digunakan penulis adalah data primer yang diperoleh melalui observasi secara langsung pada pengguna laptop. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu para pembeli laptop gaming dalam memilih laptop yang sesuai dengan yang dibutuhkan. berdasarkan hasilobservasi yaitu Melakukan perbandingan berpasangan sehingga diperoleh nilai judgement seluruhnya yaitu sebanyak buah dengan n adalah banyaknya elemen yang dibandingkan.  Menghitung nilai eigen dan menguji konsistensinya jika tidak konsisten maka pengambilan data diulangi. Mengulangi langkah 3, 4 dan 5 untuk seluruh tingkat hirarki. Data sekunder diperoleh melalui studi literatur dan tulisan ilmiah yang berhubungan dengan Keputusan Pemilihan Pembelian Laptop Gaming Dengan Metode Metode Ahp Dan Topsis laptop dan metode Topsis. Penelitian ini menghasilkan output yang memenuhi tujuan yaitu

dapat membantu pengguna dalam Keputusan Pemilihan Pembelian Laptop Gaming Dengan Metode Metode Ahp Dan Topsis sehingga menghasilkan informasi yang akurat efektif dan efisien.

Kata Kunci -Sistem Pendukung Keputusan, Pembelian Laptop, Metode Ahp , Metode TOPSIS .

References

Husein A. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Handphone Menggunakan Metode AHP. 2016.
Implementasi Metode Topsis dan SAW dalam memberikan Reward Pelanggan. Kumpulan Jurnal Ilmu Komputer. 2017;4:1
kursini. Konsep Dan Aplikasi Pendukung Keputusan. Cv. Andi; 2007.
Nugrahani, Hayati & I. “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Negara Untuk Studi S1 di Asia Tenggara Berbasis Website dengan Menggunakan Metode Topsis.” Published online 2018.
Rio Anggara Sukma. Program Studi Teknik Informatika Universitas Nusantara Persatuan Guru Republik Indonesia Kediri. Penelitian Dengan Judul Sistem Pendukung Keputusan Dalam Penentuan Pembelian Notebook Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting). 2016.
Sutejo. Penerapan Metode TOPSIS Pada Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerimaan Karyawan PT.Fabiola Jaya Pura. politanis samarinda; 2016.
Published
2024-01-31
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 8 times