Aplikasi Berbasis Mobile Sebagai Sarana Pembelajaran Dasar Bahasa Isyarat

  • Berliana Isyatin Rodhiyah Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Sri Wulandari Universitas Teknologi Yogyakarta

Abstract

Pandangan masyarakat terhadap komunikasi dengan para penyandang disabilitas tuna rungu masih sangat terbatas, kita dapat mengatasi hal ini dengan mencoba mempelajari dan mengenal bahasa isyarat yang dapat mempermudah komunikasi, baik untuk diri kita sendiri maupun orang lain, dan segala sesuatu atau informasi apapun yang ingin kita sampaikan melalui bahasa isyarat. Oleh karena itu, diperlukan kesadaran diri untuk menambah pengetahuan diri tentang komunikasi dengan bahasa isyarat. Pembelajaran mengenai bahasa isyarat sendiri belum cukup banyak di kalangan masyarakat, hal itu membuat masyarakat umum kesulitan mempelajari bahasa isyarat. Minimnya pengetahuan masyarakat umum tentang bahasa isyarat membuat penulis memilih teknologi mobile untuk membuat media pembelajaran dasar bahasa isyarat karena dirasa cukup tepat, hal ini dikarenakan teknologi mobile pada masa sekarang sedang berkembang pesat.  Dengan membuat Aplikasi Berbasis Mobile sebagai Sarana Pembelajaran Dasar Bahasa Isyarat ini diharapkan dapat membantu masyarakat umum dan penyandang tunarungu untuk belajar berkomunikasi dengan baik. Aplikasi ini akan membantu pengguna mempelajari dasar-dasar bahasa isyarat dengan metode Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI).

 

Kata kunci: Tuna Rungu, Bahasa Isyarat, SIBI, Pembelajaran, Aplikasi Mobile.

References

Aisa, S., Aini, N., & Djafar, I. (2022). Penerapan Teknologi Progressive Web Apps pada Aplikasi Pembelajaran Al-Qur’an Metode Dirosa. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 3(2), 66–72. https://doi.org/10.37859/coscitech.v3i2.3930
Dewanti, P., Indriyani, & Vedamurthi, K. V. (2020). Pengenalan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Isyarat i-Chat untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Panti Asuhan Semara Putra Klungkung . WIDYABHAKTI JURNAL ILMIAH POPULER, 02(03), 1–6.
Dewi, M., Wahyuningrum, T., & Prasetyo, N. A. (2021). Pengenalan Kata Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Menggunakan Augmented Reality (AR). Journal of Informatics, Information System, Software Engineering and Applications , 03(02), 053–060.
Fatmawati, R., Asmara, R., Prayogi, Y. R., & Hakkun, R. Y. (2022). Aplikasi Pembelajaran Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) Berbasis Voice Menggunakan OpenSIBI. Technomedia Journal (TMJ, 7(1), 22–39. https://doi.org/10.33050/tmj.v7i1%20Juni.1690
Ghofur, A., Fuad, E., & Mukhtar, H. (2020). Rancang Bangun Module Media Pembelajaran Bentuk Aljabar Berbasis Mobile. In Jurnal Computer Science and Information Technology (Vol. 1, Issue 1).
Hidayati, Q., Retno sari, D., Jamal, N., & Manjelang, S. F. (2022). Aplikasi Pembelajaran Edukatif Bahasa Isyarat pada Sekolah Luar Biasa (SLB ) “Tunas Bangsa”, Kota Balikpapan. Journal of Applied Community Engagement, 2(2), 111–117. https://doi.org/10.52158/jace.v2i2.389
Huda, N., & Saputri, N. A. O. (2018, August 14). APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT BAGI PENYANDANG DISABILITAS TUNARUNGU BERBASIS DESKTOP. Prosiding Seminar Nasional Darmajaya.
Imanibillah, S., Setiawan, I. R., & Apriandari, W. (2021). Model Aplikasi Animasi Berbasis Android Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Isyarat Bagi Penyandang Tunarungu . Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 10(03), 557–566.
Md Rashid, F. I., & Abdul Rahman, M. H. (2021). Pembangunan Aplikasi Mudah Alih “Pocket Lingua Sign” Untuk Pembelajaran Bahasa Isyarat. Journal of Engineering, Technology, and Applied Science, 3(3), 82–95. https://doi.org/10.36079/lamintang.jetas-0303.292
Meinardi Trianto, E. (2023). Perancangan aplikasi permainan labirin dengan tema suku indonesia berbasis android. Jurnal CoSciTech (Computer Science and Information Technology), 4(1), 126–135. https://doi.org/10.37859/coscitech.v4i1.4712
Supiandi, A., Tanu Kusnadi, I., & Riniawati, R. (2020). Pengembangan Aplikasi Interaktif Bahasa Isyarat Indonesia Berbasis Android. In Jurnal Informatika(JURIN) (Vol. 3, Issue 2).
Published
2024-01-30
Abstract viewed = 10 times
PDF downloaded = 6 times