Implementasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa Untuk Layanan Informasi Objek Wisata Di Kabupaten Pemalang

  • Azwar Annas Universitas Sikubank Semarang
  • Setyawan Wibisono Universitas Stikubank Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi chatbot menggunakan Framework Rasa sebagai solusi layanan informasi objek wisata di Kabupaten Pemalang. Dalam era digital saat ini, chatbot telah menjadi alat yang semakin penting dalam meningkatkan akses pengguna terhadap informasi dengan cara yang efisien dan cepat. Pada tahap implementasi, chatbot diintegrasikan dengan sumber daya informasi objek wisata, sehingga pengguna dapat dengan mudah mengajukan pertanyaan, meminta rekomendasi, atau mencari informasi yang mereka butuhkan. Framework Rasa digunakan untuk mengembangkan logika percakapan dan pengelolaan respons chatbot. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi chatbot telah berhasil meningkatkan akses pengguna terhadap informasi wisata, mengurangi beban kerja petugas informasi, dan meningkatkan kepuasan pengguna. Meskipun demikian, penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, termasuk pemahaman bahasa yang terbatas dan keterbatasan pengetahuan chatbot. Rekomendasi untuk pengembangan masa depan termasuk pengembangan kemampuan pemahaman bahasa, pembaruan berkala pengetahuan chatbot, dan evaluasi terus-menerus terhadap kinerja chatbot. Dengan terus memperbarui dan mengembangkan chatbot, diharapkan layanan informasi objek wisata di Kabupaten Pemalang dapat terus meningkat dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi pengunjung.

 

Kata Kunci : Chatbot; Telegram; Rasa; Layanan Informasi Wisata.

References

A.D. Ferdian. & S.N. Anwar. (2023). Pengembangan Chatbotuntuk Informasi Wisata Interaktif di Tangerang Selatan menggunakan Framework Rasa. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 476-483.
D. Wulandari., & J.S. Wibowo. (2023). IMPLEMENTASI CHATBOT MENGGUNAKAN FRAMEWORK RASA UNTUK LAYANAN INFORMASI WISATA DI KOTA PATI. Journal of Information Technology and Computer Science(INTECOMS), 794-801.
H. Fibriasari., T.T.A. Putri., U. Widiastuti. (2023). Chatbot Prototype Training Using Deep Learning Methods For Tourism in North Sumatra. JOURNAL OF COMMUNITY RESEARCH AND SERVICES(JCRS), 387-391.
L. Anindyati. (2022). Analisis dan Perancangan Aplikasi Chatbot Menggunakan Framework Rasa dan Sistem Informasi Pemeliharaan Aplikasi (STUDI KASUS: CHATBOT PENERIMAAN MAHASISWA BARU POLITEKNIK ASTRA). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 291-300
M.R.A. Fajri. & B. Hartono. (2020). Pengembangan Aplikasi Chatbot Telegram Menggunakan Framework Rasa Untuk Pelayanan Administrasi Di Perguruan Tinggi Universitas Stikubank. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 1-8.
Media Sosial untuk Mengukur Tingkat Akurasi. JURNAL SISFOTENIKA, 172-182.
N. Nasikhah., G.Wijaya., & T.P. Rahayu. (2022). Chatbot sebagai Asisten Customer Service dan Public Relations di Indonesia: Studi Difusi Inovasi Teknologi. Jurnal Sosioteknologi, 278-290.
R.A. Sekarwati., A. Sururi., Rakhmat, M. Arifin., & A. Wibowo. (2021) Survei Metode Pengujian Chatbot pada
Y. Nugraha., Y. Masnita., K. Kurniawati. (2022). Peran Responsiveness Chatbot Artificial Intelligence Dalam Membentuk Customer Satisfaction. Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya, 144-157.
Y. Windiatmoko., R. Rahmadi., A.F. Hidayatullah. (2021). Developing Facebook Chatbot Based on Deep Learning Using RASA Framework for University Enquiries. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1-12.
Z.H. Pradana., H. Nafi’ah., & R.A. Rochmanto. (2022). Chatbot-based Information Service using RASA Open-SourceFrameworkin Prambanan Temple Tourism Object. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 656-662.
Published
2024-01-31
Abstract viewed = 8 times
PDF downloaded = 9 times