Pemanfaatan QR Code Dalam Pemesanan Makanan & Minuman Pada Rumah Makan Kejora Jaya Menggunakan Metode User Centered Design (UCD)
Abstract
Perkembangan teknologi informasi telah digunakan di berbagai segi kehidupan. Baik dari bidang teknologi, bidang kesehatan, bidang pendidikan, bidang hiburan dan lain-lain. Untuk saat ini, penggunaan website telah menjadi hal utama. Setiap individu mempunyai akses untuk menggunakan website dikarenakan penggunaan internet yang semakin tinggi. Penelitian ini dilaksanakan di Rumah Makan Kejora. Pengelolaan data pemesanan menggunakan cara manual yaitu menggunakan kertas catatan untuk mencatat pemesanan Hal itu menyebabkan beberapa kendala yaitu dalam pencatatan manual tersebut pelayan terkesan terburu-buru untuk mencatat pesanan pelanggan yang sering ramai. Tulisan pelayan yang kadang tidak dapat terbaca, dan kertas pesanan yang sudah dikirim ke bagian dapur sering kali terjatuh, hilang, ataupun basah merupakan resiko dari pencatatan pesanan makanan yang dilakukan oleh pelayan. Oleh karena itu, organisasi membutuhkan pengembangan sistem terkomputerisasi dalam hal pemesanan makanan dimana semua proses pemesanan bisa dilakukan melalui aplikasi terkomputerisasi dengan menggunakan pemanfaatan QR Code untuk memudahkan proses pemesanan. Pengembangan sistem ini menggunakan metode User Centered Design (UCD) dan perancangan menggunakan Unified Modelling Languange (UML).
Copyright (c) 2024 Irwansa Irwansa, Nurul Huda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.