Perencanaan Strategis Sistem Informasi menggunakan metode Ward and Peppard di SMP Bonifasio

  • Michael Ivan Terapajaya Universitas Kristen Satya Wacana
  • Christ Rudianto Universitas Kristen Satya Wacana

Abstract

SMP Bonifasio merupakan institusi pendidikan menengah di Semarang, Jawa Tengah, yang harus beradaptasi karena adanya pandemi COVID-19. pandemi COVID-19 mengakibatkan adanya perubahan dalam proses belajar sehingga pembelajaran melalui media online yang mengharuskan guru menjadi lebih kreatif dan inklusif dalam menyampaikan materi sehingga murid memahami secara penuh materi pembelajaran yang diberikan dan tujuan pembelajaran tercapai. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menerapkan alat analisis Ward dan Peppard. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu SMP Bonifasio mengembangkan rencana strategis untuk sistem informasi masa depan. Pengembangan Sistem Informasi perlu dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi dan mengakomodasi kebutuhan bisnis, untuk menilai kebutuhan bisnis diperlukan evaluasi terhadap faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi. Agar dapat menerapkan metode penelitian secara efektif, penting untuk memiliki pemahaman yang komprehensif mengenai beragam teknik analisis yang dapat digunakan untuk mengevaluasi tahapan perkembangan.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan strategis sistem informasi dan teknologi informasi (SI/TI) dapat membantu SMP Bonifasio dalam proses belajar menuju digitalisasi yang dapat dimanfaatkan jangka panjang. Dalam penelitian ini, metode Ward and Peppard digunakan untuk menganalisis lingkungan bisnis dan SI/TI, seperti analisis SWOT, dan PEST. Hasil penelitian ini adalah blue print perencanaan strategis yang mengacu pada rencana bisnis organisasi berdasarkan data yang diperoleh melalui metode Ward and Peppard. Selain itu, hasil penelitian ini juga menghasilkan portofolio aplikasi perencanaan strategis SI/TI yang dapat menjadi acuan dan program kerja bagi SMP Bonifasio dalam melaksanakan rencana strategis SI/TI.

Kata Kunci : Sistem Informasi; Ward & Peppard; Perencanaan Strategis Sistem Informasi

References

[1] Prayogo, R. P. F., Rudianto, C., & Tanaem, P. F. (2021). Perencanaan strategis sistem informasi menggunakan Ward and Peppard. AITI, 18(2), 97-110.
[2] Azizi, R. F., & Sitokdana, M. N. N. (2020). Strategic planning of information system in pt satya mitra sejahtera using Ward and Peppard. Tepian, 1(3), 111-114.
[3] Ervina, M., Rudianto, C., & Chernovita, H. P. (2019). Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Metode Ward and Peppard (Studi Kasus: Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Tomohon. Sebatik, 23(2), 604-610.
[4] Utama, D. H., Sitokdana, M. N., & Wijaya, A. F. (2018). Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi E-Agribusiness pada PT Trubus Yogyakarta. AITI, 15(2), 99-106.
[5] Widagdo, S. V., Prastiwi, P., Alamsah, A., & Kamisutara, M. (2018, August). Perencanaan Strategis Sistem Informasi Untuk Meningkatkan Layanan Pendidikan Menggunakan Metode Ward And Peppard. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi).
[6] Manurung, R. A. Y., & Manuputty, A. D. (2020). Perancangan Sistem Informasi Lembaga Kemahasiswaan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Jurnal SITECH: Sistem Informasi Dan Teknologi, 3(1), 9-20.
[7] Nainggolan, J. B., & Rudianto, C. (2022). PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI MENGGUNAKAN METODE WARD AND PEPPARD. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 6(2), 454-459.\
[8] Utami, Y. (2018). Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi pada Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Salatiga (Doctoral dissertation, Program Studi Sistem Informasi FTI-UKSW).
[9] Handayani, F. S. (2018). Perencanaan Strategi Sistem Informasi Dalam Kegiatan Penelusuran Minat Siswa Sekolah Menengah Pertama. MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika, 8(1), 74-86.
[10] Wardhana, D. S., & Tanaamah, A. R. (2019). Perencanaan Strategis Sistem Informasi Menggunakan Metode Ward and Peppard Studi Kasus CV XYZ. AITI, 16(1), 18-30.
Published
2024-01-30
Abstract viewed = 11 times
PDF downloaded = 11 times