Integrasi Layanan Pengaduan Publik Dalam Mewujudkan Fast Responsif Berbasis Pada Rancangan Aplikasi Pengaduan Interaktif Terpadu (Pintar) Malang

  • Rolisa Isvianti Universitas Islam Malang
  • Hayat Hayat Universitas Islam Malang
  • Hirshi Anadza Universitas Islam Malang

Abstract

Artikel ini menawarkan konsep integrasi layanan pengaduan publik satu pintu berbasis web pada pemerintah kota Malang dengan menggunakan aplikasi Pintar (Pengaduan Interaktif Terpadu). Aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan responsivitas, transparansi, dan akuntabilitas pemerintah dalam menangani aduan masyarakat. Artikel ini menggunakan metode pustaka dengan sistemik literatur review untuk mengkaji teori-teori dan studi-studi terkait tentang layanan pengaduan publik. Artikel ini juga menguraikan latar belakang, tujuan, komponen, dan manfaat dari aplikasi Pintar. Artikel ini menyimpulkan bahwa aplikasi Pintar dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada dalam layanan pengaduan publik saat ini.

Kata Kunci: Pengaduan Publik, Fast Responsif, Aplikasi PINTAR.

References

Creswell, John W. 2016. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ilham, M. Naufal. 2022. Efektivitas Aplikasi LAPOR! dalam Pelayanan Pengaduan Masyarakat di Kota Bengkulu. Jurnal. Sumedang: Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
Ishaq, Ian Alfian. 2022. Penerapan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) sebagai Layanan Pengaduan bagi Masyarakat di Kabupaten Bone Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal. Sumedang: Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
Jayyidan. 2022. Peran Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bantul dalam Optimalisasi Layanan Pengaduan Online LAPOR!!-SP4N di Kabupaten Bantul. Jurnai. Sumedang: Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
Laila, Rofingatun Nur. 2022. Optimalisasi Aplikasi PPID dalam Menigkatkan Pelayanan Informasi Publik pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kebumen. Jurnal. Sumedang: Institut Pemerintahan Dalam Negeri
Lubis & Husain. 2007. Efektivitas Pelayanan Publik, Pustaka Binaman Presindo. Jakarta
Selviana. 2020. Implementasi Pelayanan Publik SP4N-LAPOR! di Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Bantaeng. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar. FAN DAL
Siringoringo, Hotniar. 2005. Pemrograman Linear: Seri Teknik Riset Operasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2024-01-31
Abstract viewed = 14 times
PDF downloaded = 10 times