Implementasi Perbandingan Metode Graphql Dan Rest Api Pada Teknologi Nodejs

  • Muntahanah Muntahanah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yulia Darmi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Keken Pinandita Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan implementasi metode GraphQL dan REST API pada teknologi Node.js. GraphQL adalah bahasa query yang fleksibel dan efisien, sedangkan REST API telah menjadi standar de facto dalam pengembangan aplikasi web. Dalam penelitian ini, kami melakukan analisis mendalam terhadap kedua metode dengan membandingkan kinerja, kegunaan, dan pengalaman pengembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, di mana kami mengembangkan dua aplikasi Node.js yang menerapkan metode GraphQL dan REST API secara terpisah. mengukur kinerja kedua metode menggunakan metrik seperti waktu respon  dan skalabilitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua metode memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda. GraphQL menawarkan fleksibilitas yang lebih tinggi dalam mengambil data dengan hanya meminta bagian yang diperlukan, mengurangi pengulangan dan mengoptimalkan penggunaan sumber daya. Namun, penggunaan GraphQL membutuhkan pembelajaran yang lebih mendalam dan pemahaman yang lebih baik tentang struktur data.

 

Kata Kunci : Perbandingan, GraphQL, REST API, Teknologi Node.js, Fleksibilitas.

References

G. Susrama, M. Diyasa, G. S. Budiwitjaksono, H. Amarul, and I. Ade. (2021). Comparative Analysis of Rest and GraphQL Technology on Nodejs-Based Api Development,1–9.
M. G. L. Putra and M. I. A. Putera. (2019). Analisis Perbandingan Metode Soap Dan Rest Yang Digunakan Pada Framework Flask Untuk Membangun Web Service. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 14(2):1–7, 2019
D. Saputra. (2018). Analisis Perbandingan Performa Web Service Rest Menggunakan Framework Laravel, Django Dan Ruby On Rails Untuk Akses Data Dengan. Jurnal Bangkit Indonesia, 7(2):17-28.
A. R. (2017). GraphQL: T. A. D. Revolution”.,P. berfokus perbandingan pertukaran data antara klien dan server Dari, and masing-masing kedua metode Tersebut., “GraphQL: The API Design Revolution. pp. 1–37.
D. U. Memenuhi et al. (2021). Perbandingan Web Service RESTful dan GraphQL pada.
B. Suyanto. (2010). Masalah Sosial Anak. jurnal Kencana Prenada Media Group. 1–10.
H. Studiawan, M. C.R., Iqbal, and M. Husni. (2012). Implementasi Klien SIP Berbasis Web. Jurnal Teknik ITS, vol 1. 242–245.
I. Kurniawan, Humaira, and F. Rozi. (2020). REST API Menggunakan NodeJS pada Aplikasi Transaksi Jasa Elektronik Berbasis Android. Jurnal JITSI. 1(4):127–132.
Published
2024-01-30
Abstract viewed = 5 times
PDF downloaded = 21 times