Analisis Kualitas Web Koni Kota Semarang Terhadap Kepuasan Pengguna Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0

  • Nova Fadhilah Rahmadian Universitas Stikubank Semarang
  • Edy Supriyanto Universitas Stikubank Semarang
  • W. T. Handoko Universitas Stikubank Semarang
  • Rara Sriartati Redjeki Universitas Stikubank Semarang

Abstract

Dalam era digital yang berkembang pesat, situs web telah menjadi alat komunikasi krusial bagi organisasi dan entitas pemerintah, termasuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Kualitas situs web memiliki peran signifikan dalam memastikan efektivitas dan keberhasilan organisasi, termasuk KONI Kota Semarang, dalam mencapai tujuan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna terhadap situs web KONI Kota Semarang dengan menggunakan metode WebQual 4.0. Dengan metode questioner pada 65 responden diperoleh User Satisfaction 4,00 dan Information Quality 4,01yang berarti pengguna setuju bahwa mereka puas dengan layanan web KONI Kota Semarang dan qualitas yang ada pada web cukup baik. Namun hasil dari Interaction Quality 3,97dan Usability 3,90 yang berarti bahwa qualitas interaksi pengguna web dan ketergunaan web masih dirasa kurang oleh pengguna. Penelitian ini mengusulkan bahwa situs web yang berkualitas tinggi tidak hanya meningkatkan efisiensi internal organisasi, tetapi juga memengaruhi persepsi masyarakat terhadap profesionalisme dan komitmen organisasi terhadap olahraga.

Kata Kunci:kepuasan pengguna, WebQual4.0, kualitas,interaksi online

References

Ariska, O. D., Kusyanti, A., & Bachtiar, F. A. (2018). Evaluasi Kualitas Layanan Website Portal Jurnal Universitas Brawijaya dan Website Student Journal Universitas Brawijaya Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan IPA (Importance Performance Analysis). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(8), 2595-2603.
Erlangga, R. G. (2018). TA: Analisis Pengaruh Kualitas Website ppta. stikom. edu Terhadap Kepuasan Mahasiswa Berdasarkan Metode Webqual 4.0 (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).
Ihsan, M. R., Rezki, M., & Alamsyah, D. P. (2019). Pengaruh Kualitas Website Pada Keputusan Pembelian Pada Situs Shopee Menggunakan Metode Webqual 4.0. IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology. 4 (1). 14–20.
Ismail, I., & Al-Bahri, F. P. (2019). WebQual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA): Eksplorasi Kualitas Situs Web e-Kuisioner. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi), 3(2), 52-58.
Kurniawati, R. A., Kusyanti, A., & Mursityo, Y. T. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pelanggan Mister Aladin Dengan Menggunakan Webqual 4.0. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2(3), 1151-1160.
Manik, A., Salamah, I., & Susanti, E. (2017). Pengaruh Metode Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya. Jurnal Elektro dan Telekomunikasi Terapan (e-Journal), 4(1), 477-477.
Rahmatullah, S., Purnia, D. S., & Triasmoro, R. (2019). Analisis Kualitas Website Sekolah North Jakarta Intercultural School dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Kajian Ilmiah, 19(2), 157-164.
Susanto, T. V., Yudiana, Y., & Setiyani, L. (2022). Analisis Kualitas Aplikasi Jurnal. Id Menggunakan Metode Webqual 4.0 (Studi Kasus: PT. Wahana Sakti). Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 16(4), 142-152.
Published
2024-01-30
Abstract viewed = 2 times
PDF downloaded = 7 times