Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Ulang Penggunaan Dompet Digital (Studi Kasus Pada Generasi Milenial Di Daerah Semarang)

  • Anggita Devi Utami Universitas Stikubank Semarang
  • Yohanes Suhari Universitas Stikubank Semarang

Abstract

Penggunaan dompet digital atau E-Wallet sudah menjadi gaya hidup terutama pada kalangan generasi milenial, salah satu dompet digital yang populer saat ini yaitu aplikasi DANA. Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna melakukan pembayaran non-tunai untuk kebutuhan sehari-hari serta memberi kemudahan dalam bertransaksi dengan lebih cepat dan praktis. Tujuan penelitian yaitu mengukur penerimaan masyarakat terhadap DANA sebagai media pembayaran di era cashless (non-tunai) dan mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi penggunaan dompet digital. Penelitian ini melibatkan 59 responden. Analisis proses data  menggunakan PLS-SEM dengan SmartPLS. Hasil penelitian ini adalah Kepercayaan dan Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap minat ulang menggunakan aplikasi DANA.. Kesimpulannya adalah pengguna dapat menerima DANA sebagai media pembayaran cashless (nonn-tunai).

Kata Kunci: Dompet digital, DANA, Technology Acceptance Model (TAM), PLS-SEM

References

Adhi Prakosa, D. J. (Februari 2020). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINATPENGGUNAAN ULANG E-WALLET PADA GENERASI MILENIAL. The Journal of Bussines and Management.
Adinda Nurichsaningrum Desnissanty, D. S. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU PENGGUNAAN SHOPEEPAY DENGAN TAM. eProceedings of Management.
Bab II Pengertian Minat dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. (n.d.). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/9048/3/bab%202%20_08601241059.pdf
HERDADI, H. A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Penggunaan E-Wallet Pada Generasi Z. Universitas Islam Indonesia.
JULIANDI, A. (2018). MODUL SEM PLS. DEDY HARIANTO. Retrieved from SCRIBD.
Khowin Ardianto, N. A. (2021). Minat Penggunaan Dompet Digital Dengan Pendekatan TAM Pada Pengguna di Kota Surabaya. Jurnal STIEIPWIJA.
PENGARUH PERSEPSI MANFAAT, P. K. (2016). Singgih Priambodo, Bulan Prabawani. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.
Riadi, M. (2022, April 26). Kajian Pustaka. Retrieved from Kajian Pustaka: https://www.kajianpustaka.com/2022/04/dompet-digital-e-wallet.html
Sofia Fauziana Putri, T. W. (2021). Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital LinkAja dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) di Bandung. Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO).
Zuraida Yuniar Firdaus, D. K. (2022). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN APLIKASI DOMPET DIGITAL MENGGUNAKAN TAM. Journal of Information System Management (JOISM).
Published
2024-01-30
Abstract viewed = 6 times
PDF downloaded = 4 times