Analisis Tata Kelola E-Learning Universitas Stikubank Semarang Terhadap Kepuasan Mahasiswa

  • Fiorera Cinta Ayunda Universitas Stikubank Semarang
  • Agus Prasetyo Utomo
  • Sugiyamta Sugiyamta

Abstract

E-learning menjadi faktor krusial yang memengaruhi keberhasilan pengalaman pembelajaran online. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada kepuasan mahasiswa terhadap e-learning governance yang akan mempengaruhi keberhasilan pengalaman pembelajaran online. Tujuan penelitian yaitu untuk menyelidiki dampak tata kelola system e-learning terhadap kepuasan pengguna, dengan fokus pada perpektif mahasiswa. Penelitian ini melibatkan 321 responden dengan data sampel yang valid. Analisis SmartPLS digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa e-learning governance terhadap kepuasan diterima dan signifikan, ini menunjukkan bahwa dampak keseluruhan yang dirasakan system e-learning dipengaruhi secara langsung oleh kepuasan. Dengan tata Kelola yang efektif, e-learning dapat meningkatkan efisiensi, ketersediaan sumber daya, dan kualitas layanan pembelajaran online. Peran dan tanggung jawab yang jelas dalam pengelolaan e-learning dapat membantu lembaga atau organisasi mencapai tujuan.

Keywords: E-learning, Governance, Student Satisfaction, SEM

References

Alyoussef, I. Y. (2023). Acceptance of e-learning in higher education: The role of task-technology fit with the information systems success model. Heliyon, 9(3), e13751. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e13751
Bossman, A., & Agyei, S. K. (2022). Technology and instructor dimensions, e-learning satisfaction, and academic performance of distance students in Ghana. Heliyon, 8(4), e09200. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2022.e09200
Chang, V., & Uden, L. (2008). Governance for e-learning ecosystem. 2008 2nd IEEE International Conference on Digital Ecosystems and Technologies, IEEE-DEST 2008, August, 340–345. https://doi.org/10.1109/DEST.2008.4635164
Gunesekera, A. I., Bao, Y., & Kibelloh, M. (2019). The role of usability on e-learning user interactions and satisfaction: a literature review. Journal of Systems and Information Technology, 21(3), 368–394. https://doi.org/10.1108/JSIT-02-2019-0024
Kumar, P., Saxena, C., & Baber, H. (2021). Learner-content interaction in e-learning- the moderating role of perceived harm of COVID-19 in assessing the satisfaction of learners. Smart Learning Environments, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40561-021-00149-8
Liu, C., & Elms, P. (2019). Animating student engagement: The impacts of cartoon instructional videos on learning experience. Research in Learning Technology, 27(1063519), 1–31. https://doi.org/10.25304/rlt.v27.2124
Lockee, B. B. (2021). Online education in the post-COVID era. Nature Electronics, 4(1), 5–6. https://doi.org/10.1038/s41928-020-00534-0
MILIĆEVIĆ, V., DENIĆ, N., MILIĆEVIĆ, Z., ARSIĆ, L., SPASIĆ-STOJKOVIĆ, M., PETKOVIĆ, D., STOJANOVIĆ, J., Krkic, M., Milovančević, N. S., & Jovanović, A. (2021). E-learning perspectives in higher education institutions. Technological Forecasting and Social Change, 166(January). https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.120618
Nuriyati, T. (2018). Pengaruh Penggunaan E-Lerning Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Intelektual Keterampilan Berfikir Kkritis Mahasiswa Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/7227
Risyah, M. M., Santoso, P. I., Supartono, W., & Wayan, I. (2023). Faktor-Faktor Keefektifan Penerapan Learning Management System ( LMS ) “ BeSmart Elearning ” Universitas Negeri Yogyakarta Abstrak. 1, 39–51.
Zalat, M. M., Hamed, M. S., & Bolbol, S. A. (2021). The experiences, challenges, and acceptance of e-learning as a tool for teaching during the COVID-19 pandemic among university medical staff. PLoS ONE, 16(3 March), 1–12. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0248758
Published
2024-04-23
Abstract viewed = 0 times
PDF downloaded = 0 times