Analisis Sistem Pembayaran Menggunakan Dompet Digital
Abstract
Ekonomi digital Indonesia mengalami perkembangan yang cukup baik, bahkan kini telah memiliki startup dengan kriteria unicorn. Perkembangan ekonomi digital harus mencakup seluruh sektor perekonomian. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis sistem pembayaran menggunakan dompet digital dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi literatur review pada jurnal penelitian yang relevan dengan pembahasan. Dalam pencarian jurnal dengan bantuan internet (Google Scholar) dengan kata kunci Mobile payment, Digital Wallet, QR code. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat 5 dompet digital kategori pembayaran mobil di Indonesia. Platform yang paling sering digunakan adalah Gopay dengan proporsi pengguna sebesar 71%. Namun Gopay bersaing ketat dengan OVO yang proporsi penggunanya sudah mencapai 70%. Sementara proporsi pengguna platform dompet digital lain seperti Dana, ShopeePay, dan LinkAja lebih kecil.
Kata Kunci : Mobile payment, Dompet Digital, QR code
References
Wibowo, E. W. (2018). Analisis Ekonomi Digital dan Keterbukaan Terhadap Pertumbuhan GDP Negara Asean. Jurnal Lentera Bisnis Vol. 7, No. 2, 79.
Wuryanta, A. E. (2019). Digitalisasi Masyarakat: Menilik Kekuatan dan Kelemahan Dinamika Era Informasi Digital dan Masyarakat. Jurnal Ilmu Komunikasi”, vol 1, No. 2, hal. 131-142.
Adiatama MH dan Lestari DT, “Persepsi Milenial Terhadap Layanan Mobile Payment Di Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM)”, e-Proceeding of Management, Vol.7, No. 2, pp. 4190-4205, 2020.
Susilo AZ, et al., “A Comparative Study of Factors Affecting User Acceptance of GO-PAY and OVO As a Feature of Fintech Application”, Science Direct, Procedia Computer Science, Vol. 161, pp. 876-884, 2019.
Setyadinsa, R., & Maulana, N. (2023). Faktor-Faktor Individu Yang Memengaruhi Keinginan Untuk Bersedia Menggunakan Mobile Payment: Sebuah Literature Review. Technologia : Jurnal Ilmiah, 14(4), 344. https://doi.org/10.31602/tji.v14i4.11579
Apidana, Y. H., Suroso, A., & Setyanto, R. P. (2020). Model Penerimaan Teknologi Mobile Payment Pada Digital Native Dan Digital Immigrant Di Indonesia. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(4). https://doi.org/10.32424/jeba.v21i4.1542
Mohamad Ali Murtadho, N. A. M. S. M. (2016). Implementasi Quick Response (Qr) Code Pada Aplikasi Validasi Dokumen Menggunakan Perancangan Unified Modelling Language (Uml). Antivirus : Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 10(1), 42–50. https://doi.org/10.35457/antivirus.v10i1.87
Sulistyowati, R., Paais, L., & Rina, R. (2020). Persepsi Konsumen Terhadap Penggunaan Dompet Digital. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 4(1), 17. https://doi.org/10.24269/iso.v4i1.323
Prasetya, I. G. B. I., & Purnamwati, I. G. A. (2020). Pengaruh Nilai Harga, Motivasi Hedonis, Kebiasaan dan Daya Tarik Promo terhadap Minat Menggunakan Mobile Payment OVO. Jurnal Akuntansi Profesi, Vol. 11(1), 148–158. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/306/212
Indrawati, R., Anwar, S., & Kartono, R. (2019). EKOMBIS Sains Jurnal Ekonomi , Keuangan dan Bisnis FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI ADOPSI MOBILE PAYMENT OVO DI SAMARINDA Master of Management , Binus Business School , Binus University E-ISSN : 2502 - 1798 PENDAHULUAN Jurnal Ekonomi , Keuangan dan Bisnis. 4.
Lau, S., & Pradana, M. N. R. (2021). Pengaruh keamanan, kecepatan transaksi dan kenyamanan terhadap penggunaan mobile payment. KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 18(2), 288–295. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA/article/view/7938
Marwi, H. C. (2023). Analisis Tingkat Adopsi Mobile Payment di Kalangan Pengusaha Kecil dan Menengah. 6(3), 69–73.
Evayani, E., Ariani, D., & Dinaroe, D. (2021). Analisis Pengukuran Minat Pengguna Aplikasi Paytren Dalam Penggunaan Mobile Payment Di Aceh. Jurnal Perspektif Ekonomi Darussalam, 7(1), 45–65. https://doi.org/10.24815/jped.v7i1.20263
Doni Winarso, Rudy Asrianto, Siti Rodiah, Edo Arribe, & Aryanto. (2021). Digitalisasi dan Cashless Payment Untuk Meningkatkan Layanan Keuangan Pada SMK Muhammadiyah Bangkinang. Abdiformatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat Informatika, 1(2), 75–81. https://doi.org/10.25008/abdiformatika.v1i2.137
Puri, E. T. P., & Lisiantara, G. A. (2023). Mufakat Mufakat. Jurnal Ekonomi Akuntansi, Manajemen, 2(2), 91–107.
Kurniawan, A., Yusuf, M., Manueke, B. B. R., Norvadewi, N., & Nurriqli, A. (2022). in Tokopedia Applications, the Effect of Electronic Word of Mouth and Digital Payment on Buying Intention. Jurnal Darma Agung, 30(3), 272. https://doi.org/10.46930/ojsuda.v30i3.2256
Tan, S. S., & Pangemanan, R. T. (2021). The Influence of Digital Payment and Sales Promotion Towards Customer Purchase Intention at Convenience Stores (Case Study of Alfamart and Alfamidi in Citraland, Manado). Jurnal EMBA, Vol. No.4(4), 105–114.
Bella, F. I., & Efendi, N. F. (2021). Strengthening the Islamic Digital Payment System Through Sharia Electronic Wallet (E-Wallet). El Dinar, 9(2), 94–107. https://doi.org/10.18860/ed.v9i2.11451
Lestari, D. A., Purnamasari, E. D., & Setiawan, B. (2020). Pengaruh Payment Gateway terhadap Kinerja Keuangan UMKM. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.47747/jbme.v1i1.20
Al Athar, M. D., & Al Arif, M. N. R. (2021). The Intention of Millennial Generation in Paying Zakat through Digital Payments. International Journal of Islamic Business and Economics (IJIBEC), 5(1), 38–47. https://doi.org/10.28918/ijibec.v5i1.3675
Rahayu, K., & Mulyadi, D. (2023). Pengaruh Digital Payment Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(3), 290–298. http://repository.iainpare.ac.id/3402/
Susilo, D., & Dizon, C. C. G. (2023). DIGITAL PAYMENT TRANSFORMATION IN THE PHILIPPINES : FROM CASH TO GCASH. 12(04), 2369–2376.
Gunawan, A. A. L., & Winarti, A. (2022). Pengaruh Aplikasi Dompet Digital Terhadap Transaksi Dimasa Kini. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), 352–356.
Pardede, A. R. (2019). Legalitas Pembayaran Menggunakan Uang Elektronik Asingwechat Pay Di Indonesia. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(3), 209–222. https://doi.org/10.58258/jisip.v3i3.834
Agustin, L., Marliyah, M., & Syarvina, W. (2022). Pengaruh Intensitas Penggunaan Kartu Plastik dan Mobile Payment terhadap Consumer Behavior: Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Sci-Tech Journal, 2(2), 166–188. https://doi.org/10.56709/stj.v2i2.77
Febrianti, D., Hidayah, S. L., Abdullah, & Lawita, N. F. (2021). Penerapan Basis Data pada Perusahaan Perbankan (Studi Kasus Penerapan Mobile Banking pada Bank Syariah Indonesia). Jurnal Ekonomi, 5(2), 3686–3693.
Azizah, S., Bintoro, B. P. K., Octavyra, R. dinda, & Rachmat S, A. (2021). Determining Factors of Continuance Intention to Use QR Code Mobile Payment on Urban Millennials in Indonesia Empirical Study on Mobile Payment Funds. ADI Journal on Recent Innovation (AJRI), 3(2), 121–138. https://doi.org/10.34306/ajri.v3i2.562
Fianto, B. A. (2021). Mobile banking services quality and its impact on customer satisfaction of Indonesian Islamic banks. Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 7(1), 59–76. https://doi.org/10.20885/jeki.vol7.iss1.art5
Fauzi, A. A. (2018). Electronic Service Quality on Mobile Application of Online Transportation Services. Jurnal Manajemen Indonesia, 18(1), 13–27. https://doi.org/10.25124/jmi.v18i1.1256
Copyright (c) 2024 Anisa Tanjung, Chris Tofel Lumban Tobing, Nur Anisa Ar, Sanusi Gazali Pane

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.